Presiden Jokowi Jadi Pembicara Utama Pemberantasan Terorisme di KTT G20

Presiden Jokowi Jadi Pembicara Utama Pemberantasan Terorisme di KTT G20
Presiden Joko Widodo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, HAMBURG - Presiden Joko Widodo akan mengikuti seluruh rangkaian KTT G20 di Hamburg, Jerman, Jumat (7/7). Presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu tiba di Hamburg pada Kamis (6/7) setelah meninggalkan Turki.

Jokowi juga akan menggelar pertemuan bilateral dengan beberapa kepala pemerintahan dan kepala negara. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada jurnalis mengatakan bahwa salah satu yang akan bertemu dengan Presiden Jokowi adalah Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull di Hotel Steigenberger, Hamburg.

"Kemudian dilanjutkan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Belanda," ujar Retno di sela-sela mendampingi Presiden Jokowi di Hamburg sebagaimana siaran pers Kementerian Luar Negeri RI.

Jokowi dengan rombongan terbatas kemudian akan menuju Hamburg Messe Und Congress untuk mengikuti acara penyambutan resmi KTT G20 oleh Kanselir Jerman Angela Merkel. Acara dilanjutkan forum Leader's Retreat yang mengusung tema pemberantasan terorisme.

"Acara pertama adalah Leader's Retreat dengan tema Fighting Terrorism di mana Presiden diminta untuk menjadi salah satu pembicara utama," jelas dia.

Kemudian, Jokowi akan mengikuti sejumlah sesi pertemuan KTT G20 dengan masing-masing topik pembahasan. Yaitu pertumbuhan ekonomi, perdagangan global, pembangunan keberlanjutan, serta iklim dan energi.

Retno pun meyakini pembahasan dalam setiap sesi di KTT G20 akan berlangsung hangat dan bersahabat. Namun, sambungnya, Presiden Jokowi tidak akan berbicara di semua sesi karena hal itu tergantung pada situasi di forum tersebut.

Di sela-sela pertemuan para pemimpin negara 20 besar dalam ekonomi dunia itu, Jokowi juga direncanakan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy Brey.

Presiden Joko Widodo akan mengikuti seluruh rangkaian KTT G20 di Hamburg, Jerman, Jumat (7/7). Presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News