Sungai Belumai Meluap, Ratusan Rumah Warga Terendam

Sungai Belumai Meluap, Ratusan Rumah Warga Terendam
Sungai Belumai Meluap, Ratusan Rumah Warga Terendam
TANJUNG MORAWA - Curah hujan yang cukup deras yang menguyur wilayah Deli Serdang, Jumat (1/4) malam, sekitar pukul 23.00 WIB, mengakibatkan ratusan rumah yang berada di Perumahan Taman Sari Permai di Dusun XII, Desa Bangun Sari Baru, dan di Desa Telaga Sari yang berada Gang Madrasah, Kecamatan Tanjung Morawa dilanda banjir. Ketinggian air pun mencapai 1 meter.

Di Perumahan Taman Sari Permai di Desa Bangun Sari Baru, sekira 200 rumah terendam banjir, sedang di Desa Telaga Sari sekira 78 rumah terendam banjir. Untungnya tak ada korban jiwa saat bencana alam itu terjadi. Hanya seorang kakek bernama Rasem (50) warga Perumahan Taman Sari Permai, terpaksa dievakuasi ke RSU Dr GL Tobing PTPN II Tanjung Morawa. Sikakek itu stres hingga menderita sesak nafas kala melihat luapan air menggenangi rumahnya.

Bencana itu pun menyebabkan ratusan kepala keluarga yang terkena banjir terpaksa harus mengungsi dengan mengangkat barang-barang yang dapat diselamatkan ke tempat saudara atau ke tetangga yang tinggal di dataran yang lebih tinggi. Sementara 2 unit sepedamotor, 1 unit beca bermotor dan 1 unit angkot milik warga yang berada di Perumahan Taman Sari Permai, terpaksa ditinggal terendam air karena tidak bisa dievakuasi lagi.

Penyebab banjir sendiri adalah akibat debit air Sungai Belumai meluap, lantaran tak mampu menampung derasnya air hujan yang mengguyur kawasan Deliserdang dan sekitarnya. Bencana itu juga turut mengundang para relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Deli Serdang, PMI Sumut, Tagana Deliserdang, dan Pramuka untuk turut membantu warga yang terkena banjir. Para relawan itu, dengan menurunkan 2 unit perahu karet segera dengan gerak cepat menyelamatkan barang-barang berharga dan pakaian milik warga.

TANJUNG MORAWA - Curah hujan yang cukup deras yang menguyur wilayah Deli Serdang, Jumat (1/4) malam, sekitar pukul 23.00 WIB, mengakibatkan ratusan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News