PTM Diklaim Lebih Baik daripada PTN

PTM Diklaim Lebih Baik daripada PTN
PTM Diklaim Lebih Baik daripada PTN
MALANG - Ketua Majelis Pendidikan Tinggi (Dikti) PP Muhammadiyah, Dr. Chairil Anwar mengatakan, persepsi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sebagai second choice saat ini sudah luntur. Disebutkan misalnya kualitas Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) sudah melampaui Perguruan Tinggi Negeri (PTN). PTS, menurutnya, bisa lebih baik daripada PTN.

”Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) misalnya, tidak diragukan sebagai PTM yang lebih unggul daripada PTN,” kata dia, seperti diberitakan Malang Pos (grup JPNN).

Menurut Chairil, mindset masyarakat lambat laun akan bergeser jika PTS bisa membuktikan bahwa swasta tak selalu jelek. Dia mencontohkan, di Amerika Serikat, kampus-kampus berkelas justru milik swasta. Universitas terbaik dunia, Harvard University dan Mashacuset Institute of Technology, adalah perguruan tinggi swasta“Sekarang ini kualitaslah yang dicari, bukan status negeri atau swasta,” kata Chairil yang juga dosen Universitas Gajahmada (UGM) Jogjakarta itu.

Lebih lanjut ia menegaskan, apa yang harus ditekankan untuk membangun kualitas sebuah perguruan tinggi, Chairil berpendapat penguatan sumberdaya manusia (SDM) adalah prioritas. Perguruan tinggi harus memiliki SDM yang kuat dalam melayani kepentingan mahasiswa. Dia mengingatkan, sejak awal sejarah Muhammadiyah didesain untuk membangun SDM melalui pendidikan. KH Ahmad Dahlan, kata Chairil, sengaja membangun pendidikan di awal-awal dakwahnya untuk menyiapkan SDM itu.

MALANG - Ketua Majelis Pendidikan Tinggi (Dikti) PP Muhammadiyah, Dr. Chairil Anwar mengatakan, persepsi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sebagai second

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News