Inggris-Jerman Janji Cairkan Aset Libya

Inggris-Jerman Janji Cairkan Aset Libya
Inggris-Jerman Janji Cairkan Aset Libya
PERDANA Menteri (PM) Inggris David Cameron adalah salah seorang pemimpin yang paling gembira menyambut kemenangan oposisi Libya. Kemarin (22/8), dia langsung menjanjikan pencairan kembali semua aset Libya di Inggris yang selama ini dibekukan pemerintahannya. Jadi, Dewan Transisi Nasional (NTC) akan memiliki dana tambahan untuk membangun kembali Libya.

"Seluruh aset Libya di Inggris akan segera dicairkan," ujar Cameron dalam pertemuan darurat di London kemarin. Selain siap mencairkan seluruh aset Libya senilai 12 miliar poundsterling (sekitar Rp 168,5 triliun), Cameron berjanji akan memberikan bantuan medis, makanan, dan layanan komunikasi untuk warga Libya. Terutama, untuk NTC.

Seusai pertemuan darurat yang memaksa dia kembali meninggalkan liburan, Cameron telah mengontak Abdul Jalil, pimpinan NTC. Pimpinan NTC itu mengonfirmasikan keberhasilan pasukannya merebut ibu kota dari rezim Kadhafi. Tapi, dalam perbincangan telepon itu, Jalil juga mengatakan bahwa para loyalis Kadhafi masih menguasai beberapa wilayah di ibu kota. Karena itu, pertempuran masih akan berlangsung.

"PM Cameron menyambut baik kepemimpinan Jalil dan yakin bahwa sosok pemimpin NTC itu akan mampu menegakkan demokrasi di Libya sesuai konstitusi yang berlaku," ungkap jubir Downing Street 10 dalam jumpa pers. Pernyataan sama diungkapkan pemimpin Partai Buruh Ed Miliband.

PERDANA Menteri (PM) Inggris David Cameron adalah salah seorang pemimpin yang paling gembira menyambut kemenangan oposisi Libya. Kemarin (22/8),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News