Tiga Penyakit Penyumbang Angka Kematian Bayi

Tiga Penyakit Penyumbang Angka Kematian Bayi
Tiga Penyakit Penyumbang Angka Kematian Bayi
JAKARTA - Pemerintah terus dikejar untuk mengurangi kasus kematian bayi yang baru dilahirkan. Hingga saat ini, nutrisi yang rendah dicap menjadi faktor resiko kematian bayi. Mal nutrisi ini memicu tiga penyakit yang sering membuat bayi meninggal.

Asisten Utusan Khusus Presiden untuk MDG"s Diah Saminarsih mengatakan, target pemerintah menghapus kasus bayi meninggal sesuai dengan semangat MDG"s hingga 2015 mendatang. "Kita terus meningkatkan kampanye asupan nutrisi bagi perempuan. Terutama yang sedang hamil," katanya dalam diskusi Nutrisi dan Kesehatan Ibu Hamil Sari Husada kemarin (17/1).

Diah menuturkan, ada tiga penyakit mal nutrisi ibu hamil yang bisa mengancam nyawa jabang bayi. Ketiga penyakit itu adalah, bayi biru saat lahir (asfiksia), infeksi (sepsis), dan komplikasi bayi muda. "Ketiga penyakit ini sejatinya bisa dicegah," katanya. Caranya, adalah dengan menjaga asupan nutrisi ibu selama hamil.

Seperti diketahui, dalam program MDG"s telah disepakati upaya penurunan angka kematian bayi kelahiran hidup (KH) hingga 23 kasus per seribu KH. Kondisi yang terjadi saat ini menyebutkan jika angka kemaitan bayi masih jauh dari target MDG?s tersebut. "Sejatinya satu saja kasus kematian bayi kelahiran hidup itu harus dihindari," ucap Diah.

JAKARTA - Pemerintah terus dikejar untuk mengurangi kasus kematian bayi yang baru dilahirkan. Hingga saat ini, nutrisi yang rendah dicap menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News