Kemenag Berharap Beli Pesawat Khusus Haji

Kemenag Berharap Beli Pesawat Khusus Haji
Kemenag Berharap Beli Pesawat Khusus Haji
JAKARTA -Pembahasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tak kunjung selesai. Hingga saat ini, DPR belum juga menyepakati usul biaya penerbangan dan sewa pemondokan yang diajukan pemerintah. Pemerintah mulai memikirkan wacana baru untuk memiliki sebuah pesawat yang khusus mengangkut jemaah haji.

Menag Suryadharma Ali mengungkapkan wacana pembelian pesawat terkait sisi bisnis dan manfaat sebagai infrastruktur haji lima tahun ke depan. "Tapi soal pesawat masih dalam kajian. "Saya sudah meminta PT Garuda Indonesia melakukan kajian"jelas Suryadharma di gedung Kemenag, kemarin (25/4).

Politikus PPP menuturkan, dari segi bisnis, apabila pembelian pesawat khusus itu terealisasi maka operasionalisasinya dengan mekanisme sewa. Dia mengatakan, jika nanti yang mengelola PT Garuda Indonesia, maka saat pesawat tersebut akan digunakan untuk keperluan haji, harus sewa. "Jadi punya pesawat sendiri, tapi modal kembali,"ujarnya.

Sementara dari segi manfaat, pembelian pesawat bisa menghemat ongkos transportasi jemaah haji. Seperti diketahui, ongkos transportasi tersebut cenderung naik dari tahun ke tahun.

JAKARTA -Pembahasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tak kunjung selesai. Hingga saat ini, DPR belum juga menyepakati usul biaya penerbangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News