Senin, 21 April 2014 | 04:25:42
Home / Olahraga / Piala Eropa 2012 / Persaingan Nomor Sembilan

Senin, 18 Juni 2012 , 08:37:00

Pemain Spanyol, Cesc Fabregas, usai cetak gol, saat bertanding dalam laga EURO 2012, di PGE Gdansk Arena, Polandia. FOTO : HENDRA EKA/JAWA POS
Pemain Spanyol, Cesc Fabregas, usai cetak gol, saat bertanding dalam laga EURO 2012, di PGE Gdansk Arena, Polandia. FOTO : HENDRA EKA/JAWA POS
RELATED NEWS

GDANSK - Spanyol menuai kritik kala bermain tanpa striker dalam matchday pertama kontra Italia (10/6). Kala itu, pelatih Spanyol Vicente del Bosque menyulap Cesc Fabregas sebagai penyerang tengah. Sekalipun Fabregas mencetak gol, strategi itu dianggap tidak efektif karena hasil akhir laga adalah seri 1-1.

Di matchday kedua kontra Republik Irlandia (14/6), Del Bosque akhirnya turun dengan striker, Fernando Torres. Hasilnya, La Furia Roja " sebutan Spanyol " menang telak empat gol tanpa balas dengan Torres memborong dua gol di antaranya dan terpilih sebagai man of the match.

Nah, dilema antara Torres dan Fabregas kembali muncul di matchday ketiga lawan Kroasia dini hari nanti WIB. Jika menilik laga terakhir, Torres memang layak dipercaya lagi sebagai starter. Tapi, striker Chelsea itu telah mengantongi satu kartu kuning.

Artinya, apabila menerima kartu kuning lawan Kroasia, Torres akan menjalani skors dan tidak bisa dimainkan apabila Spanyol berlaga di perempat final. Spanyol pun tidak akan merugi jika menurunkan Fabregas di posisi nomor sembilan (sebutan untuk posisi penyerang tengah).

Secara statistik, Torres dan Fabregas berimbang. Keduanya sama-sama turun s93 menit dan mengemas masing-masing 2 gol. Dengan Torres, Spanyol memiliki pemain yang standby di kotak penalti. Tapi, Fabregas yang membela Barcelona dianggap lebih klik dengan gaya permainan tiki-taka yang notabene dimotori trio gelandang klub asal Catalan tersebut, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan Sergio Busquets.

Sebagai orang yang bertanggung jawab atas pemilihan susunan pemain, Del Bosque belum memberi sinyal bakal menurunkan Torres atau Fabregas. Dalam game di sesi latihan, pelatih 61 tahun itu juga memberi porsi yang sama kepada kedua pemain bermain di posisi sembilan.

"Siapapun yang bermain sebagai striker bukan suatu masalah bagi kami," kata gelandang bertahan Spanyol Xabi Alonso di situs resmi Adidas.

"Itu adalah sesuatu hal yang muncul dari pihak luar dan bukan dari diri kami sendiri. Itu juga tidak akan mengganggu persiapan kami," sambung pemain Real Madrid tersebut.

Ketika Torres dan Fabregas bersaing menempati posisi sembilan, nama-nama seperti Fernando Llorente, Alvaro Negredo, dan Pedro Rodriguez pun bakal permanen di bench selama turnamen. Ketiganya termasuk delapan pemain yang belum sekalipun dimainkan Del Bosque dalam dua laga Spanyol termasuk dua kiper cadangan, Pepe Reina dan Victor Valdes.

"Kami memiliki 23 pemain dan saya tidak mungkin memberi semuanya kesempatan. Jika waktu untuk mereka (bermain) tiba, saya pasti tidak akan menundanya," kata Del Bosque. (dns)

Prediksi Jawa Pos
Kroasia Menang    28 %
Seri                        30 %
Spanyol Menang    42 %

  Peringkat menit
  Casillas: 188
  Arbeloa: 188
  Ramos: 188
  Pique: 188
  Jordi Alba: 188
  Busquets: 188
  Xavi: 188
  Iniesta: 174
  Alonso: 159
  Silva: 159
  Cesc: 93
  Torres: 93
  Javi Martinez: 29
  Navas: 29
  Cazorla: 14
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 18.06.2012,
        10:29
        Wahyu
        Harus pasang fabregas. From mobile
      2. 18.06.2012,
        09:00
        ryan
        pasang torres sbgai stater saat lawan kroasia, jgn fabregas, krn dia bkn tipikal streker, klo mau menang spanyol....! From mobile

      此页面上的内容需要较新版本的 Adobe Flash Player。

      获取 Adobe Flash Player