Survei IIA: 65 Persen Muslim Buta Alquran

Survei IIA: 65 Persen Muslim Buta Alquran
Survei IIA: 65 Persen Muslim Buta Alquran
PALEMBANG - Hasil survei Institut Ilmu Alquran (IIA) Jakarta menyebutkan bahwa 65 persen umat Islam di Indonesia ternyata masih buta aksara Alquran. Perwakilan Cinta Alquran Sumatera Selatan (sumsel), Muhammad Jamhur, mengatakan, 35 persennya hanya bisa membaca Alquran saja, sedangkan yang membaca dengan benar hanya 20 persen.

"Ini secara keseluruhan, kalau untuk data di Sumsel belum bisa diketahui, tapi kemungkinan besar jumlahnya tidak jauh berbeda," kata Jumhur seperti diberitakan Sumatera Ekspres (JPNN Grup), Minggu (7/7).

Ditambahkan, kalau memang banyak umat Islam yang mengerti, akan tercermin dalam tingkah laku kesehariannya. "Tapi saat ini hal tersebut sangat jauh sekali. Karena maksiat masih saja merajalela, begitupun dengan prilaku keji lainnya," bebernya.

Ditambahkan Jumhur, banyak faktor yang menyebabkan banyaknya jumlah umat muslim yang belum bisa memahami alquran, seperti, faktor kesibukan, faktor malu, faktor lingkungan dan sistem pengejarannya yang rumit.

PALEMBANG - Hasil survei Institut Ilmu Alquran (IIA) Jakarta menyebutkan bahwa 65 persen umat Islam di Indonesia ternyata masih buta aksara Alquran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News