Menang Telak dengan 98 Persen Pilih 'Ya'

Menang Telak dengan 98 Persen Pilih 'Ya'
Menang Telak dengan 98 Persen Pilih 'Ya'

jpnn.com - KAIRO - Hasil resmi referendum konstitusi Mesir menunjukkan kemenangan telak pendukung pemerintah se­mentara. Lebih dari 98 persen pemilih memilih "ya" untuk menggantikan undang-undang dasar yang berlaku sejak pemerintahan Ikhwanul Muslimin di bawah Presiden Muhammad Mursi.

Hanya 1,9 persen yang menyatakan "tidak". Hasil itu tidak mengagetkan publik Mesir. Sebab, referendum tersebut diboikot kelompok oposisi yang menganggap pemerintah saat ini tidak sah karena dibentuk melalui kudeta militer.

Komite Konstitusional Mesir menyatakan, jumlah partisipasi pemilih sudah diperkirakan sebelumnya. Sekitar 20 juta di antara 53 juta pemilik suara menyumbangkan pilihannya. Artinya, jumlah tersebut mewakili 38,6 persen pemilih. "Ini adalah kesuksesan besar dengan angka partisipasi yang cukup tinggi," terang Ketua Komisi Pemilihan Tinggi Mesir Nabil Salib.

Pendukung gerakan politik Ikhwanul Muslimin yang saat ini terlarang di Mesir memboikot referendum pada 14-15 Januari lalu. Pendukung presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis itu, Muhammad Mursi, menolak keras hasil referendum.

Aliansi Anti-Kudeta yang didominasi pendukung Mursi menegaskan penolakan mereka melalui akun Twitter. "Angka 98,1 persen tidak bisa dianggap mewakili demokrasi sebenarnya. Hanya sebuah kediktatoran absolut," kicaunya.

"Jika mereka yang hanya membawa poster "pilih TIDAK" saja ditanggapi, apakah hasilnya harus kita akui?" lanjutnya.

Kelompok Islamis pendukung Mursi melihat referendum pertengahan Januari lalu sebagai legitimasi kudeta terhadap pemerintahan sah.

Rancangan konstitusi tersebut menggantikan UUD yang disusun dalam pemerintahan Presiden Mursi sebelum dilengserkan militer Juli lalu. Referendum konstitusi sebelumnya dilaksanakan pada 2012 ketika Muhammad Mursi masih berkuasa. Namun, pelaksanaan itu diboikot kelompok sekularis dan angka keikutsertaan pemilih hanya 34 persen. Saat itu 64 persen pemilih menyatakan setuju dengan konstitusi baru.

KAIRO - Hasil resmi referendum konstitusi Mesir menunjukkan kemenangan telak pendukung pemerintah se­mentara. Lebih dari 98 persen pemilih memilih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News