Status Sinabung Turun Jadi Siaga

Pulangkan Pengungsi 8 Desa

Status Sinabung Turun Jadi Siaga
Status Sinabung Turun Jadi Siaga

jpnn.com - KARO - Lima bulan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo berstatus awas (level IV). Namun, kini status gunung tertinggi di Sumatera Utara itu turun menjadi siaga (level III).

Hal itu disebabkan kecenderungan penurunan aktivitas Gunung Sinabung. Penurunan status tersebut membuat masyarakat di luar radius 3 kilometer dari puncak kawah Sinabung (kecuali di jalur luncuran awan panas dan guguran lava) diperbolehkan pulang.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Sinabung dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Armen Putra kepada sejumlah wartawan menyatakan, berdasar pemantauan, aktivitas kegempaan Gunung Sinabung berkurang.

“Hanya, dari segi ancaman, saat ini yang paling tinggi adalah guguran-guguran ke tenggara. Warga desa di jalur tenggara dan di radius 3 kilometer direkomendasikan menetap dulu di pengungsian. Sementara itu, desa di luar itu disilakan pulang,” kata Armen.

Menurut dia, apabila aktivitas Gunung Sinabung meningkat, mungkin masyarakat diungsikan kembali. Sementara itu, warga pengungsi delapan desa dan satu dusun di antara empat kecamatan di luar radius 3 kilometer serta tidak berada di tenggara diperbolehkan pulang.

Turunnya status Gunung Sinabung menjadi siaga mengikuti turunnya aktivitas gunung itu walaupun relatif kecil. Penurunan aktivitas itu ditunjukkan dari hasil pengamatan kegempaan, deformasi, serta fluks gas. Lembaga itu mencatat, sejak 16 Maret hingga 8 April lalu, peralatan pengamatan aktivitas gunung api itu tidak merekam gempa erupsi ekplosif.

Kemudan, dari hasil pemantauan, Gunung Sinabung menunjukkan cenderung stabil. Itu mengindikasikan penurunan pergerakan magma dari tempat dalam ke tempat dangkal. Letusan Gunung Sinabung yang disertai awan panas dahsyat sempat terjadi pada 1 Februari lalu. Akibatnya, 17 orang tewas. Dari korban itu, 14 meninggal di tempat dan sisanya meninggal di rumah sakit akibat luka bakar.

Selain itu, rekomendasi PVMBG adalah Pemkab Karo menambah jalur evakuasi dari Desa Kuta Tengah yang jalurnya menjauhi daerah bahaya sebelum masyarakat Desa Kuta Tengah, Kecamatan Simpang Empat, dikembalikan dari posko pengungsian.

KARO - Lima bulan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo berstatus awas (level IV). Namun, kini status gunung tertinggi di Sumatera Utara itu turun menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News