Riedl Berani Menyerang

Riedl Berani Menyerang
Alfred Riedl. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Tim nasional senior Indoensia kembali memanasi mesin menjelang Piala AFF 2014 akhir tahun mendatang. Dini hari nanti (15/7) di Stadion Saoud bin Abdulrahman Al Wakrah Qatar, Firman Utina dkk akan menjajal kekuatan Timnas Qatar.

 

Melihat rekam jejak kedua negara, baik Indonesia maupun Qatar dalam konfidensi yang tinggi. Firman Utina dkk dalam empat laga uji coba terakhirnya berhasil mencatatkan victory. Sedangkan Qatar dalam empat laga sebelumnya, dua kali imbang dan dua kali menang.

Nah, menjelang laga ini pelatih timnas senior Alfred Riedl ketika dihubungi kemarin (13/7) menyatakan lawan merupakan sosok tangguh. Secara rangking pun Qatar lebih bagus. Al Annabi, julukan Qatar, kini nongkrong di posisi 100 dunia, sedangkan Indonesia di posisi 157 dunia.

"Qatar punya kekuatan yang bagus. Di kancah Asia mereka masuk dalam sepuluh besar. Dan, kami bertekad harus bisa mengimbangi mereka. Saya sudah katakan ke pemain untuk punya fighting spirit yang tinggi," kata Riedl.

Statistik pertemuan kedua negara menunjukkan hasil yang njomplang. Dari delapan kali pertemuan, Qatar menang tujuh kali. Merah Putih hanya sekali mencatatkan kemenangan di tahun 2004 lalu. Ketika itu Indonesia menang 2-1 atas Qatar pada babak grup Piala Asia di Beijing Tiongkok.

Dan, dalam dua pertemuan terakhir di babak kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia, Qatar dua kali membekap Indonesia. Bermain di Jakarta Qatar menang 3-2. Lalu di Doha, Qatar mencukur Indonesia 4-0.

Menghadapi rekor yang tak berpihak kepada kubu Indonesia, Riedl mencoba menggelorakan asa Merah Putih. Pelatih asal Austria tersebut menolak beban masa lalu, dimana Indonesia sering kalah dengan menyatakan bakal ofensif.
   
"Kami tak mau sekadar bermain bertahan. Kami akan menyerang juga ke gawang Qatar. Kami mencoba memainkan ball possession dan tak sekadar langsung lempar bola ke depan untuk para striker," sebut Riedl.

JAKARTA - Tim nasional senior Indoensia kembali memanasi mesin menjelang Piala AFF 2014 akhir tahun mendatang. Dini hari nanti (15/7) di Stadion

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News