Hari Ini Jembatan Comal Diuji Coba

Hari Ini Jembatan Comal Diuji Coba
Hari Ini Jembatan Comal Diuji Coba

jpnn.com - COMAL – Sejak amblesnya Jembatan Comal, petugas dari KemenPU terus melakukan perbaikan secara nonstop.

Pembangunan jembatan yang menggunakan gorong-gorong Aremco itu, pada Rabu (23/7) malam dilakukan pengaspalan. Karena itu, dipastikan hari ini (Kamis, 24/7) bisa dilalui, meski masih tahap uji coba.

Kasatker Wilayah I Dinas PU Provinsi Jawa Tengah, selaku penanggung jawab proyek, Sumarjono mengatakan bahwa proses perbaikan jembatan kemarin sedang dalam perapihan. Pada jam 12 siang kemarin dilakukan pemadatan dan sorenyanya masuk finishing.

Menurut dia, pemadatan dan perekatan itu dilakukan dengan menggunakan lem aspal yang seharusnya menunggu sampai 24 jam. Namun karena kondisi darurat, malamnya langsung diaspal. ”Malam nanti (kemarin) akan dilakukan pengaspalan,” kata Sumarjono, kepada awak media di lokasi perbaikan jembatan, Rabu (23/7) siang.

Dia mengatakan bahwa secara teori jembatan tersebut bisa dilalui kendaraan di atas 14 ton. Namun demikian, untuk antisipasi keamanan, maksimal kendaraan dengan berat 10 ton dapat melewati jembatan tersebut.  

Sedangkan untuk kelancaran kendaraan yang akan masuk melewati Jembatan Comal, nanti tetap diberi marka agar tidak saling berebut. ”Teman-teman yang di bawah tetap melakukan pengontrolan,” terang Sumarjono.

Dia memastikan, Kami (24/7) hari ini mulai jam 07.00 WIB atau jam 08.00 WIB dibuka untuk uji coba. Menurut dia, jika dengan uji coba tersebut tidak ada masalah, maka bisa dilanjut untuk kendaran melewati di atas jembatan tersebut.

Kapolres Pemalang AKBP Dedi Wiratmo SIK mengatakan bahwa terkait kendaraan dengan jenis truk puso atau pun tronton tetap tidak bias melewati jembatan tersebut. Walaupun mereka mengklaim bahwa kendaraan itu beratnya kurang dari 10 ton dalam keadaan kosong.

COMAL – Sejak amblesnya Jembatan Comal, petugas dari KemenPU terus melakukan perbaikan secara nonstop. Pembangunan jembatan yang menggunakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News