Status Ijen Normal, Kawah Tetap Steril

Status Ijen Normal, Kawah Tetap Steril
ENJOY: Sejumlah turis asyik mendaki puncak Gunung Ijen, Banyuwangi. Foto: Galih Cokro/Radar Banyuwangi

jpnn.com - BANYUWANGI – Setelah mengalami fluktuasi sejak Desember 2011, status Gunung Ijen akhirnya diturunkan dari waspada (level II) menjadi normal. Menyusul penurunan aktivitas vulkanik Gunung Ijen, pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi (PVMBG) menurunkan status gunung yang dikenal dengan panorama blue fire tersebut sejak 8 Agustus lalu.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Ijen Bambang Hery Purwanto menyatakan, berdasar pantauan seismik maupun visual, aktivitas vulkanik gunung yang berlokasi di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso itu turun signifikan sejak beberapa bulan terakhir.

Gempa tremor sudah tidak terekam sejak Mei 2014. Sementara itu, gempa vulkanik masih mendominasi, namun relatif menurun jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Dikatakan, temperatur kawah juga turun dari 38 derajat Celcius pada akhir Juni menjadi 35 derajat Celcius pada 7 Agustus lalu. ’’Berdasar pantauan seismik maupun visual di kawah sejak 8 Agustus pukul 12.00, Ijen dinyatakan normal,’’ ujarnya saat dikonfirmasi via sambungan telepon Senin (11/8).

Meski status Ijen telah turun menjadi normal, imbuh Hery, PVMBG merekomendasikan agar di sekitar kawah disterilkan dari aktivitas manusia jika hujan atau cuaca buruk melanda. PVMBG juga merekomendasikan agar pengunjung tidak menginap di puncak gunung yang setinggi 2.443 meter di atas permukaan laut (dpl) tersebut.

Tidak hanya itu, imbuh Hery, pihak PVMBG merekomendasikan agar warga yang berada di kawasan rawan bencana (KRB) dua Gunung Ijen itu waspada. ’’Jika cuaca buruk terjadi, masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Kalipahit, mulai wilayah Bondowoso hingga Situbondo, kami harap waspada,’’ harapnya.

Sementara itu, penurunan status Gunung Ijen dari waspada (level II) menjadi normal direspon Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi. Spanduk imbauan waspada milik BPBD yang dipasang di sekitar Kawah Ijen langsung diturunkan.

Kepala Pelaksana BPBD Banyuwangi Kusiyadi menyatakan, pihaknya baru menerima surat resmi dari PVMBG terkait dengan penurunan status Gunung Ijen dari waspada menjadi normal kemarin. ’’Tugas kami naik ke kawasan Paltuding untuk menurunkan spanduk imbauan yang kami pasang. Hari ini (kemarin) kami menurunkan spanduk tersebut,’’ katanya.

BANYUWANGI – Setelah mengalami fluktuasi sejak Desember 2011, status Gunung Ijen akhirnya diturunkan dari waspada (level II) menjadi normal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News