Ribuan Honorer K1 Kemenag Tinggal Menunggu NIP

Ribuan Honorer K1 Kemenag Tinggal Menunggu NIP
Ribuan Honorer K1 Kemenag Tinggal Menunggu NIP

jpnn.com - JAKARTA - Kabar baik bagi 2.818 orang tenaga honorer kategori satu (K1) yang selama ini bekerja di Kanwil-kanwil Kemenag di seluruh Indonesia. Sekitar 900-an diantaranya honorer K1 di Kanwil Kemenag di wilayah Sumut.

Pihak KemenPAN-RB memastikan mereka akan diangkat menjadi CPNS, menyusul telah keluarnya otorisasi dari Kemenag yang menyebut bahwa mereka memang honorer K1 yang diangkat sesuai peraturan perundang-undangan.

"Sabar saja, semua honorer K1 otorisasi pasti diangkat CPNS. Cuma Kementerian Agama (Kemenag) sekarang lagi hitung-hitungan anggaran dulu," kata Rosdiana, auditor di Inspektorat Jenderal KemenPAN-RB saat menerima perwakilan honorer K1 Kemenag, yang menggelar aksi di Kantor pimpinan Azwar Abubakar itu, kemarin (18/8).

Dia menjelaskan, lamanya penebitan NIP honorer K1 otorisasi Kemenang karena berkaitan dengan anggaran pemerintah. Sebab, begitu NIP ditetapkan otomasti negara harus membayarkan gaji CPNS-nya. Begitu pun honorer K1 Kementerian PU, juga belum diterbitkan NIP-nya.

Berbeda dengan honorer K1 di di instansi daerah, seperti Pemko Medan misalnya, yang sudah diterbitkan NIp-nya, karena pemko mampu menyediakan anggaran gajinya.

"Jadi masalahnya itu saja kok, cepat atau lambat 2.818 honorer K1 Kemenang akan diangkat CPNS," ucap pria yang mengaku terlibat dalam tim yang melakukan audit tujuan tertentu terhadap berkas honorer K1 Kemenang itu.

"Saya yakin BKN tidak akan mungkin menggugurkan honorer K1 yang diotorisasi. Karena kekurangan dokumen honorer K1 otorisasi hanya di surat pengangkatan honorer dari Kemenag saja. Bila surat otorisasi itu sudah ada, ya tinggal proes pemberkasan NIP saja di BKN," tandasnya.

Dia mengatakan hal tersebut, menanggapi Ketum Forum Solidaritas Honorer K1 Otorisasi Kemenag Muhammad Taridi yang dalam pertemuan itu mengatakan, 2.818 honorer K1 Kemenag mestinya sudah bisa diterbitkan NIP CPNS-nya. Alasan dia, berkas ke-2818 orang itu telah dilampiri surat otorisasi Kemenag bernomor : SJ/B.II/Kp.003/578/2014 tanggal 19 Februari.

JAKARTA - Kabar baik bagi 2.818 orang tenaga honorer kategori satu (K1) yang selama ini bekerja di Kanwil-kanwil Kemenag di seluruh Indonesia. Sekitar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News