Dokter di India Angkat Janin 36 Tahun

Dokter di India Angkat Janin 36 Tahun
Dokter di India Angkat Janin 36 Tahun

jpnn.com - NEW DELHI - Sebuah kasus medis yang cukup unik terjadi di India. Senin waktu setempat (25/8), tim dokter di Kota Nagpur, Negara Bagian Maharashtra, sukses mengangkat janin yang sudah menjadi tengkorak dari badan seorang ibu. Janin yang tinggal kerangka itu berusia sekitar 36 tahun.

Para dokter di N.K.P. Salve Institute of Medical Sciences menyatakan kasus tersebut sebagai kehamilan ektopik terlama di dunia. Perempuan yang kini berusia 60 tahun itu hamil saat usianya sekitar 24 tahun. Tetapi, dia mengalami keguguran karena janin yang dikandung tidak tumbuh di dalam, melainkan di luar rahim. Tepatnya di antara saluran kencing dan usus besar.

Sayangnya, ketika itu si perempuan yang namanya tidak disebutkan tersebut terlalu takut untuk menjalani operasi pengangkatan janin. Lantas, dia hanya berobat untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri di bagian perut karena keberadaan janin tersebut.

Tetapi, karena rasa sakitnya semakin menjadi-jadi, dia kemudian memberanikan diri ke kota dan bertemu dokter. "Kali pertama datang, dia mengeluh sakit perut," kata Murtaza Akhtar, kepala bedah di N.K.P. Salve Institute of Medical Sciences.

Semula dia ditengarai menderita kanker. Tetapi, hasil pemeriksaan lanjutan dan USG menunjukkan bahwa penyebab sakit perut itu adalah janin di luar rahim yang sudah menjadi tengkorak. Karena itu, tim dokter pun langsung melakukan operasi pengangkatan. (AFP/hep/c15/tia)


NEW DELHI - Sebuah kasus medis yang cukup unik terjadi di India. Senin waktu setempat (25/8), tim dokter di Kota Nagpur, Negara Bagian Maharashtra,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News