DPD Penyeimbang Pertarungan KMP dengan Kubu Jokowi-JK

DPD Penyeimbang Pertarungan KMP dengan Kubu Jokowi-JK
DPD Penyeimbang Pertarungan KMP dengan Kubu Jokowi-JK

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Terpilih, Letjen Marinir TNI (Purn) Nono Sampono mengatakan, kehadiran 132 senator di DPD akan menjadi penyeimbang terhadap pertarungan Koalisi Merah Putih (KMP) dengan partai politik pendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla di parlemen.

"Posisi DPD di parlemen, menurut saya pasti sebagai penyeimbang dari pertarungan KMP dengan koalisi Jokowi-JK di parlemen. Konteksnya tentu yang terkait dengan kewenangan DPD," kata Nono Sampono, di gedung DPD, Senayan Jakarta, Rabu (3/9).

Dari kalkulasi dukungan di DPR lanjut senator asal Provinsi Maluku itu, kekuatan Jokowi-JK lebih sedikit dibanding KMP.

"DPD bukan mendukung atau melawan siapa-siapa. Peran DPD tentu sebagai penyeimbang untuk kepentingan kebaikan bangsa dan negara ini ke depan," tegasnya.

Setidaknya lanjut Nono, kehadiran DPD dalam proses legislasi khususnya yang terkait dengan kepentingan daerah akan mendukung DPR atau pemerintah. DPD akan mendukung kubu yang memperjuangkan rumusan legislasi yang berpihak kepada kemajuan daerah.

"Jadi secara institusi, DPD hanya akan berpihak kepada kebijakan yang menguntungkan daerah karena DPD merupakan representatif daerah di sistem parlemen Indonesia," pungkasnya. (fas/jpnn)

 


JAKARTA - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Terpilih, Letjen Marinir TNI (Purn) Nono Sampono mengatakan, kehadiran 132 senator di DPD akan menjadi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News