Kapal Dihantam Ombak, Puluhan Sapi Sekarat

Kapal Dihantam Ombak, Puluhan Sapi Sekarat
Kapal Dihantam Ombak, Puluhan Sapi Sekarat

jpnn.com - SORONG - Akibat kapal pengangkut dihantam ombak di perairan laut Banda, sebanyak  80 ekor sapi  yang diturunkan di Pelabuhan Klalin, Kabupaten Sorong dalam kondisi sekarat. Setibanya di dermaga, sapi-sapi yang sekarat itu langsung  disembelih.  Puluhan ekor sapi sekarat karena tak mampu menahan goncangan kapal yang mengangkutnya.

Sebagian sapi mengalami luka patah leher, tertindis sapi yang lain dan mengalami benturan dinding kapal, karena besarnya goncangan ombak yang menerjang saat dalam perjalanan menuju Sorong. Secara keseluruhan, kapal itu mengangkut 160 ekor sapi jantan asal Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat  untuk Provinsi Papua Barat.  

Sesuai direktif presiden, 160 ekor sapi yang didatangkan ke Sorong itu merupakan program pemerintah pusat untuk membantu peternakan di Provinsi Papua Barat sebagai  bibit pejantan. Selanjutnya, bantuan ternak sapi itu akan dibagi ke masyarakat peternak di seluruh wilayah Papua Barat. Namun, setibanya di Sorong, ternyata hanya menyisakan 80 ekor saja yang masih bisa dimanfaatkan.

Petugas Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Sorong yang hendak melakukan pemeriksaan dengan mengambil sample, akhirnya menyarankan agar puluhan sapi yang sudah "kritis" tersebut segera dipotong agar dapat dimanfaatkan.

"Kita datang untuk mengambil sample darah sapi yang baru tiba dari Mataram, tapi kita lihat 80 ekor sudah dalam kondisi sekarat, selanjutnya kita sarankan untuk segera disembelih saja," ujar petugas SKP Sorong, Drh M Taufik.

Setelah dilakukan pengambilan sample, dari hasil uji lab menunjukan satu ekor  sapi  yang didatangkan pemerintah pusat itu mengidap penyakit  Brucellosis yakni  penyakit keguguran pada hewan sapi. Terbukti mengidap Brucellosis, satu ekor sapi tersebut selanjutnya akan diambil sample untuk diperiksa lebih lanjut di Maros, Sulawesi Selatan.

Bahkan, sapinya juga akan di karantina karena tidak dapat lagi diijinkan untuk dibagikan, dikhawatirkan akan menular ke sapi lainnya. Sementara, 79 ekor sapi pejantan yang telah diambil sample masih dikarantinakan dan dalam proses pengawasan pihak SKP Sorong, sebelum dikeluarkan rekomendasi bebas penyakit  Brucellosis.

"Brucellosis tidak membahayakan bagi manusia tapi dapat menular ke hewan lainnya, dan dampaknya jelas sulit dikembangbiakan, karena kalau sudah terjangkit sapi akan mengalami keguguran," terangnya.

SORONG - Akibat kapal pengangkut dihantam ombak di perairan laut Banda, sebanyak  80 ekor sapi  yang diturunkan di Pelabuhan Klalin, Kabupaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News