Asupan Kalium Cukup, Cegah Wanita Menopause Stroke

Asupan Kalium Cukup, Cegah Wanita Menopause Stroke
Asupan Kalium Cukup, Cegah Wanita Menopause Stroke. Foto: care2

jpnn.com - APA persamaan antara kentang panggang, pisang, kacang putih, pasta tomat dan aprikot kering? Ya, mereka merupakan makanan yang lezat. Tapi lebih dari itu mereka adalah sumber yang kaya kalium. Mineral penting ini telah lama dikenal untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Albert Einstein College of Medicine di New York menemukan manfaat kesehatan penting lain dari diet kalium yakni efektivitasnya dalam mencegah stroke pada wanita setelah menopause.

Studi yang dilakukan selama 11 tahun dari 90.137 wanita pascamenopause berusia 50 hingga 79 tahun menemukan bahwa perempuan yang makan paling banyak kalium adalah 12 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita stroke pada umumnya dan 16 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita stroke iskemik ketimbang wanita yang makan sedikit.

"Kalium merupakan komponen penting dari fungsi seluler," kata pemimpin peneliti, Sylvia Wassertheil-smoller, seperti dilansir laman Care2, Senin (13/10).

"Kalium memengaruhi sel-sel endotel yang melapisi pembuluh darah. Jadi, dapat memberikan aliran darah lebih banyak untuk daerah-daerah kritis," kata Sylvia lebih lanjut.

Tapi apakah kita mendapatkan cukup kalium dalam diet? Jauh dari itu. Menurut American Heart Association, asupan harian yang direkomendasikan kalium untuk orang dewasa rata-rata adalah sekitar 4.700 miligram per hari.

Namun The American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa kurang dari 2 persen dari orang dewasa Amerika mengonsumsi asupan harian yang direkomendasikan kalium. Kabar baiknya adalah, tidak sangat sulit untuk meningkatkan asupan kalium Anda. Bahkan lebih baik, beberapa makanan kaya potasium benar-benar lezat!

Berikut 5 makanan yang mengandung kalium tinggi:

APA persamaan antara kentang panggang, pisang, kacang putih, pasta tomat dan aprikot kering? Ya, mereka merupakan makanan yang lezat. Tapi lebih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News