Khofifah: Bencana Longsor Banjarnegara Sangat Memprihatinkan

Khofifah: Bencana Longsor Banjarnegara Sangat Memprihatinkan
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengunjungi pengungsi korban tanah longsor di Posko Tim Reaksi Cepat (TRC) Panti Sosial Petirahan Anak Satria Baturaden di lokasi Pengungsi Perhutani, Karang Kobar, Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (14/12). Foto: Humas Kemensos

jpnn.com - BANJARNEGARA - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengecek langsung aktivitas dapur umum yang sedang mempersiapkan makanan untuk korban longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (14/12). Dalam kesempatan itu, Khofifah juga sempat ikut membantu membungkuskan nasi dan lauk-pauk serta ikut mencicipi tempe bacem yang akan dibagikan kepada para korban.

“Kami terus berkoordinasi dengan berbagai lembaga terkait penanganan bencana longsor Banjarnegara yang sangat memprihatinkan ini,” kata Khofifah.

Dalam kesempatan itu, Khofifah juga berdialog dengan para pengungsi di posko pengungsian Perhutani Karang Kobar. Dia menyampaikan, Kemensos akan segera memberikan santunan Rp 5 juta per jiwa untuk korban longsor di Banjarnegara.

“Kemensos juga mengirimkan dua truk berisi paket bantuan logistik. Satu untuk Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan satu truk lagi langsung ke Banjarnegara,” ujarnya.

Pihak Kemensos juga menginformasi data tempat dan lokasi tanah longsor di Banjarnegara. Meliputi di Kecamatan Karang Kobar (100), Perhutani Karang Kobar (60), Balai Desa Karang Kobar (50), rumah warga dekat kecamatan (50), rumah penduduk (11), pos TPQ Ngaliyan (84), Balai Desa Laksana (142), Madrasah Sodagaran(20), Rumah Adi Batako(20), SMAN 1 Karang Kobar (40), Ibu Siti Purwodadi (44). Jumlah total 621 pengungsi.

Tidak kurang dari 547 relawan dari dari tagana, perangkat desa, koramil, BNPD, Basarnas serta masyarakat bahu membahu mengevakuasi korban yang tertimbun tanah dan penduduk ke tempat yang lebih aman.

Para relawan juga melakukan kerja bhakti membuat jalan darurat, pembentukan Posko, mensterilkan lokasi evakuasi dari penduduk, dan memberi bantuan logistik permakanan kepada para pengungsi.(ris/jpnn)

 


BANJARNEGARA - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengecek langsung aktivitas dapur umum yang sedang mempersiapkan makanan untuk korban longsor


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News