Kaca Berdebu Jadi Kanvas

Kaca Berdebu Jadi Kanvas
SENIMAN JALANAN: Xiao Xiangzhong melukis kaca belakang mobil di Chengdu. Foto: China Radio International

jpnn.com - KREATIVITAS memang tanpa batas. Xiao Xiangzhong, pensiunan guru dari Chengdu, Sichuan, Tiongkok, membuktikan itu. Dengan jemari magisnya, dia mengubah kaca-kaca berdebu pada mobil di jalanan kotanya menjadi sebuah ’’kanvas’’.

Lelaki 67 tahun itu memang sudah lama tertarik kepada lukisan dan kaligrafi Tiongkok. Karena itu, begitu pensiun, dia benar-benar total menjalani hobinya. Sasarannya ya debu tebal pada mobil yang pemiliknya malas mencuci tersebut.

Tentu, yang digambar Xiangzhong bukan tulisan semacam ’’Cucilah Aku!’’. Jemari tangannya bisa melahirkan lukisan ekspresionis khas Negeri Tirai Bambu tersebut. Tidak jarang, beberapa lukisan juga dibubuhi kaligrafi tentang petuah dan pepatah sederhana.

Menurut Xiangzhong, dirinya mampu merampungkan setiap lukisan dalam waktu lima menit. Dia pun tidak perlu membawa bekal berjibun ide.

Yang terang, kalau ada kaca kotor, jarinya langsung menggambar. Dan selama ini Xiangzhong belum pernah dikomplain oleh pemilik mobil. Anda punya mobil kotor yang berminggu-minggu belum dicuci? Coba bawa kepada Xiangzhong.... (China Radio International/c4/dos)

KREATIVITAS memang tanpa batas. Xiao Xiangzhong, pensiunan guru dari Chengdu, Sichuan, Tiongkok, membuktikan itu. Dengan jemari magisnya, dia mengubah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News