Ladies... Produk Kecantikan Bisa Picu Menopause Dini lho

Ladies... Produk Kecantikan Bisa Picu Menopause Dini lho
Ladies... Produk Kecantikan Bisa Picu Menopause Dini lho

jpnn.com - Wanita dan produk kecantikan memang hal yang tak bisa dipisahkan. Namun, wanita tentu harus berhati-hati saat menggunakan produk kecantikan. Pasalnya, bahan kimia dalam produk kecantikan bisa menimbulkan menopause dini.

Penelitian yang dipimpin Dr. Amber Cooper dari departemen obstetri dan ginekologi di Washington University di St Louis menemukan, paparan bahan kimia dapat mendorong menopause awal sebanyak empat tahun.

Cooper dan timnya mempelajari 31.575 perempuan yang terdaftar dalam Survei Kesehatan dan Gizi Ujian Nasional yang dilakukan oleh pemerintah. Setiap dua tahun, perempuan disurvei tentang berbagai masalah kesehatan dan gizi, termasuk apakah mereka mulai menopause.

Tiap peserta juga disediakan setidaknya satu sampel darah dan urin. Para ilmuwan menganalisis keberadaan berbagai bahan kimia, termasuk dioksin yang terkandung dalam pestisida, phthalates yang ditemukan dalam plastik, kosmetik dan hair spray.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa wanita yang terpapar bahan kimia tersebut rata-rata mengalami menopause lebih awal. Bagaimana mungkin Cooper begitu yakin bahwa paparan itu terkait dengan menopause dini?

Dia dan timnya melakukan analisis lain, termasuk dengan mereka yang lebih dekat dengan menopause, antara usia 45-55 tahun.

"Ini adalah puncak gunung es dan kita perlu melakukan penelitian lebih longitudinal untuk lebih memahami bahan-bahan kimia ini," kata Cooper, seperti dilansir laman Health, Minggu (1/3).

Studi sebelumnya telah menghubungkan bahan kimia tertentu untuk gangguan hormon reproduksi, termasuk estrogen yang kemudian dapat memiliki efek tidak sehat pada jantung dan tulang.

Wanita dan produk kecantikan memang hal yang tak bisa dipisahkan. Namun, wanita tentu harus berhati-hati saat menggunakan produk kecantikan. Pasalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News