Ornamen Indah Gua tak Bernama di Lahan Sawit

Ornamen Indah Gua tak Bernama di Lahan Sawit
Ornamen Indah Gua tak Bernama di Lahan Sawit

jpnn.com - PENAJAM - Kecamatan Waru memiliki potensi gua yang cukup menarik. Berada di areal PT Waru Kaltim Plantation (WKP), beberapa gua masih belum memiliki nama.

Jalanan berbatu dan berbukit harus ditempuh agar bisa mendatangi gua. Pengunjung juga wajib meminta izin ke PT WKP, karena gua berada di kawasan perusahaan sawit tersebut. Tak kurang ada empat gua di areal itu.

Gua Besiang, begitu masyarakat menamakannya. Nama yang diambil dari bukit yang harus dilalui jika ingin melihat pesona gua kering ini.   

Gua dengan panjang sekira 700 meter itu memiliki beraneka ragam ornamen. Di antaranya avent, stalaktit, stalagmit, pilar, dan draperies.

Beberapa satwa seperti jangkrik, laba-laba gua, kelelawar, dan kelabang kaki panjang juga ditemui.

Menyusuri gua ini diperlukan waktu sekitar 1,5 jam sebelum akhirnya berujung di sisi lain gua dan kembali ke titik awal.

Di dalam Gua Besiang terdapat dua titik zona vertikal

“Kami belum sempat menelusuri karena keterbatasan alat dan waktu,” kata Ketua Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Cadas.Com STT Migas Balikpapan, Ajian Tri Saputra.

PENAJAM - Kecamatan Waru memiliki potensi gua yang cukup menarik. Berada di areal PT Waru Kaltim Plantation (WKP), beberapa gua masih belum memiliki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News