Warga Demo, Tuntut Pabrik Semen Ajibarang Serap Tenaga Lokal

Warga Demo, Tuntut Pabrik Semen Ajibarang Serap Tenaga Lokal
Warga Demo, Tuntut Pabrik Semen Ajibarang Serap Tenaga Lokal

BANYUMAS - Warga Grumbul Blabursari, Desa Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Kamis (6/5) kemarin  melakukan aksi demo ke pabrik milik PT Sinar Tambang Arthalestari (STAR). Perusahaan ini merupakan pemprakasa pabrik semen Ajibarang.
    
Saat melakukan aksi demo, warga menyatakan keinginan agar perekrutan tenaga kerja lebih mengutamakan warga setempat. Mereka juga  meminta difasilitasi air bersih dan pengaspalan jalan.     

"Kami ingin agar warga di daerah terdampak, khususnya Pancasan, dapat segera diserap sebagai tenaga kerja. Jangan sampai yang terserap banyak justru warga luar daerah," kata Sudir salah satu warga Desa Pancasan.
    
Sudir mewakili warga mengatakan, selain tenaga kerja,  warga juga berharap ada air bersih masuk ke grumbul serta pengaspalan jalan. Sebab  jalan grumbul saat ini sudah mulai rusak.
    
"Selain tenaga kerja, kami berharap realisasi perusahaan bisa segera dirasakan oleh warga seperti adanya air bersih dan pengaspalan jalan,"tegasnya. Tuntutan mereka, akhirnya direspon pihak perusahaan.
    
Pertemuan perwakilan warga, kepala desa terdampak yaitu Karangbawnag, Tiparkidul, Pancasan dan Sawangan dengan pihak perusahaan semen yang berlangsung di lokasi pabrik semen, menyepakati beberapa tuntutan warga terdampak aktivitas pabrik semen.
        
Kepala Desa Tiparkidu, Riyanto mengatakan, empat pemerintah desa terdampak pabrik semen terus memperjuangkan apa yang menjadi kebutuhan dan aspirasi warga. Dia juga berharap investasi besar yang ada di Ajibarang dapat membawa keuntungan bagi warga.
    
Pemerintah desa siap memperjuangkan aspirasi warganya, khususnya mereka yang terdampak dan turut menyukseskan investasi besar di Ajibarang tersebut. Kepala Desa Pancasan, Ali Syaifurrohman mengatakan, sebagai daerah terdampak, sudah menjadi hak warga Pancasan khususnya Dusun Blabursari, untuk  segera mendapatkan kompensasi dari pihak perusahaan semen. Ia berharap sesuai dengan hasil pertemuan dengan perusahaan.
    
"Kami berharap apa yang telah menjadi komitmen dari pihak perusahaan dapat segera dipenuhi. Karena Pancasan khususnya warga Blabursari memang sudah mulai terkena dampaknya. Semoga segera terealisasi," ujarnya. (gus/din)


BANYUMAS - Warga Grumbul Blabursari, Desa Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Kamis (6/5) kemarin  melakukan aksi demo ke pabrik milik PT Sinar Tambang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News