Pengaruh Kurang Tidur Bagi Kesehatan Anda

Pengaruh Kurang Tidur Bagi Kesehatan Anda
ILUSTRASI. Foto: Dite Surendra/Jawa Pos/dok.JPNN

jpnn.com - APA pengaruh atau resiko dari kurang tidur bagi kesehatan kita? Tidur merupakan salah satu aktivitas rutin yang dilakukan mahluk hidup terutama manusia, mengistirahatkan tubuh dan pikiran dimalam hari itu memang penting.

Karena dengan tidur di malam hari bisa membuat tubuh kembali bugar dan segar ketika bangun dipagi hari sehingga kita akan lebih siap menghadapi tantangan atau kondisi yang berat dan melelahkan.

Kebalikannya jika kurang tidur maka akan bisa mengakibatkan tubuh lemah dan kurang konsentrasi.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kita sering mengabaikan aktivitas tidur dimalam hari seperti menonton acara televisi, curhat dengan teman sampai larut malam, mengerjakan tugas dan kegiatan lainya.

Berikut ini beberapa bahaya kurang tidur bagi kesehatan, seperti dilansir laman Care2, Kamis (22/10).

1. Membuat Anda lebih sulit mengenali ekspresi wajah

Sebuah studi dari UC Berkeley menunjukkan bahwa kurang tidur membuat lebih sulit untuk membaca ekspresi wajah. 18 peserta yang sehat diminta untuk menginterpretasikan 70 ekspresi wajah sekali setelah tidur malam yang baik dan lain waktu setelah mereka kurang tidur.

Scan otak menunjukkan bahwa ketika peserta kurang tidur, mereka tidak bisa membedakan antara ekspresi wajah ramah dan mengancam. Alasannya? Sensing emosi daerah otak mereka melebih-lebihkan adanya ancaman.

2. Membuat Anda merasa lapar

APA pengaruh atau resiko dari kurang tidur bagi kesehatan kita? Tidur merupakan salah satu aktivitas rutin yang dilakukan mahluk hidup terutama manusia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News