Puluhan Ribu Pengungsi Syria Penuhi Perbatasan Turki

Puluhan Ribu Pengungsi Syria Penuhi Perbatasan Turki
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - ONCUPINAR – Perbatasan Turki di Kilis dipenuhi puluhan ribu pengungsi dari Syria. Mereka melarikan diri dari Aleppo karena wilayahnya dibombardir rezim Presiden Bashar Al Assad yang dibantu pasukan Rusia.

Pemerintah Turki pun tak tinggal diam. Mereka mengirimkan truk bantuan serta ambulans ke wilayah perbatasan Oncupinar, Minggu (7/2) kemarin. Namun, pintu perbatasan hanya dibuka bila ada situasi mendesak.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa (UE) Federica Mogherini meminta Turki membuka pintu perbatasan. Sebab, itu merupakan tanggung jawab moral untuk melindungi para pengungsi tersebut.

Mogherini menegaskan bahwa UE telah memberikan bantuan kepada Turki melalui kesepakatan yang ditandatangani November tahun lalu. Bantuan 3 miliar euro tersebut dipakai untuk biaya pengungsi Syria di Turki.

“UE menyediakan bantuan ke Turki untuk memastikan mereka melindungi dan menjadi tuan rumah bagi orang yang mencari suaka,” ujar Mogherini sebagaimana dilansir Reuters. (sha/jos/jpnn)


ONCUPINAR – Perbatasan Turki di Kilis dipenuhi puluhan ribu pengungsi dari Syria. Mereka melarikan diri dari Aleppo karena wilayahnya dibombardir


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News