Menteri Marwan Mengirim Tim Jelajah Desa Nusantara, Ini Tujuannya

Menteri Marwan Mengirim Tim Jelajah Desa Nusantara, Ini Tujuannya
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - MAKASSAR – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar tak main-main mengawal terwujudnya program Desa Membangun Indonesia. Bahkan sampai menerjunkan tim Jelajah Desa Nusantara yang bergerak dari satu desa ke desa lain.

Tim ini secara resmi diberangkatkan dengan titik start dari Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (27/4)

“Tim Jelajah Desa Nusantara akan melihat langsung bagaimana program desa membangun dijalankan. Sekaligus mensosialisasikan program dana desa dan dialog interaktif guna menampung seluruh aspirasi masyarakat," ujar Marwan.

Menurut Marwan, ‎Jelajah Desa Nusantara, akan memberikan pemahaman terhadap masyarakat terkait penggunaan dan realisasi dana desa. Juga menyampaikan komitmen Pemerintahan Jokowi dalam mengimplementasikan UU No. 6/2014 tentang Desa. Regulasi ini memberikan pengakuan atas keberadaan desa untuk sepenuhnya mengelola pembangunan, pemberdayaan, dan pembinaan di desa.

“Komitmen Pemerintah Jokowi juga tertuang dalam Nawacita ketiga, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan daesa-desa. Melalui jelajah desa nusantara ini, kita mengawasi, mendampingi, dan mengadvokasi desa. Terutama dalam pelaksanaan program dana desa,” ujarnya.

Marwan menambahkan, pemberlakuan UU Desa membewa konsekuensi bahwa pemerintah daerah hanya berwenang untuk memfasilitasi serta membina desa. Maka, diperlukan koordinasi dan kerjasama yang maksimal dari semua instansi, baik pemerintah pusat, daerah, dan desa.

“Yang mengurus desa ada pada diri desa itu sendiri. Pendamping desa juga harus berperan aktif mendampingi desa,” kata Marwan.(gir/jpnn)


MAKASSAR – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar tak main-main mengawal terwujudnya program Desa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News