Sanksi PSSI akan Dicabut Sebelum...

Sanksi PSSI akan Dicabut Sebelum...
Gatot S Dewa Broto. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menpora Imam Nahrawi memang telah mengumumkan mempertimbangkan pencabutan sanksi administratif kepada PSSI. Meski belum ditandatangani, draft surat pencabutan Surat Keputusan (SK) sanksi ternyata telah disiapkan jauh-jauh hari.

Menurut Deputi VI Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, surat tersebut langsung dibuat, pascaputusan MA yang menolak Banding Kemenpora atas gugatan PSSI. 

"‎Sejak kami kalah di MA, kami sudah jaga-jaga. Jadi, setiap saat menteri menghendaki (menandatangani surat pencabutan sanksi PSSI), kami siap," ujar Gatot di kantor Kemenpora, Jumat (29/4) petang. 

Apa yang menjadi pertimbangan sanksi sampai hari ini belum dicabut? Menurut Gatot, ini bagian dari langkah pemerintah agar kompetisi bisa benar-benar berubah. 

"Pertimbangannya, biar ISC (Indonesia Soccer Championship) bergulir dulu, sehingga ada beban di sana (PSSI) untuk‎ memaksimalkannya. Jadi, siapapun jadi operator bisa men-challange pemerintah," ungkapnya.

Dengan begitu, perubahan tata kelola kompetisi, regulasi yang profesional dan operator yang lebih pro, bisa diterapkan di kompetisi ISC.

"Kalau sudah dicabut sanksinya (sebelum kompetisi bergulir)‎, di sana (PSSI) pasti tidak peduli, semua sudah dicabut kok. Itu secara psikologis politik berbeda," tandasnya. 

Lantas, kapan sanksi PSSI akan dicabut?‎ Gatot enggan menjabarkan secara pasti. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News