Polri Mulai Bersiap Hadapi Arus Mudik

Polri Mulai Bersiap Hadapi Arus Mudik
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - ‎Meski lebaran jatuh pada Juli 2016 mendatang, namun tampaknya Mabes Polri sudah melakukan langkah antisipasi. Salah satunya yaitu menggelar pengecekan jalur selatan dan jalur Pantura.

Kakorlantas Polri Brigjen Agung Budi Maryoto mengatakan, ada beberapa ‎hal yang harus dievaluasi menghadapi arus mudik lebaran nanti. Salah satunya yaitu memaksimalkan peran gerbang tol.

‎"Dari hasil pengecekan di lapangan yang menjadi perhatian utama yaitu gerbang tol pembayaran bagaimana pelayanan dan sistim pembayaran dipercepat sehingga tidak terjadi hambatan dan penumpukan antrian kendaraan," kata Agung, Jumat (29/4).

Se‎belumnya, Agung mengaku sudah mengajak Dinas Perhubungan, Jasa Marga, Pekerjaan Umum (PU), dan Jasa Raharja untuk melakukan evaluasi bersama terkait antisipasi arus mudik lebaran. "Harapannya agar mudik tahun 2016 bisa lebih baik lagi," ‎imbuhnya.

Lebih lanjut, kata dia, pihaknya juga menemukan sejumlah titik arus kendaraan, yang bersinggungan juga dengan pengguna jalan. Menurut dia, titik-titik jalan tersebut harus dipasangi penghalang (barier).

‎"‎Selain itu jalur selatan memiliki sifat yang spesifik karena banyaknya turunan dan tanjakan sehingga akan diberlakukan sistem satu arah buka tutup secara situsional nantinya," beber dia.

Kemudian dia mengungkapkan, ada enam titik rest area yang bisa digunakan pengguna kendaraan di jalur selatan. ‎‎"Ciamis, Wanareja Cilacap, Sumpiuh, Wanaraja Wergosari, Tasikmalaya, dan Limbangan," pungkasnya. (Mg4/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News