Ssstt... Panglima Tinjau Dermaga Kapal Selam Rahasia

Ssstt... Panglima Tinjau Dermaga Kapal Selam Rahasia
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - PAPUA - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengunjungi sejumlah pangkalan udara dan laut di Indonesia bagian timur. Salah satu agendanya yakni melihat dermaga yang masih dalam tahap konstruksi.

Saat disinggung lokasi serta sudah sejauh mana pembangunan dermaga tersebut, Gatot tidak bersedia menjawabnya.‎ "Tempatnya rahasia," singkat Gatot di sela-sela kunjungannya, Papua, Sabtu (30/4).

Kendati begitu, Gatot sedikit membocorkan peran dermaga rahasia itu. Nantinya, dermaga itu akan menjadi markas pertahanan maritim, intelijen, dan tempat kapal selam bersandar.

"Untuk pertahanan. Jadi yang namanya kapal selam orang ga percaya, kita (Indonesia) punya kapal selam," imbuhnya.

Sementara itu, dia mengungkapkan, saat ini Indonesia bagian timur hanya memiliki dua unit kapal selam. Menurut dia, dua unit kapal selam tidak bisa menjaga keutuhan maritim Indonesia bagian timur.

"Kalau kita punya satu kesatuan yang mampu berperang sendiri saja minimal yang depan itu tiga dan di belakang tiga. Ya minimal enam. Dan itu tidak boleh semuanya keluar. Harus ada yang maintanence. Nanti kalau semuanya keluar, semua sama-sama habis masa kerjanya," tandas Gatot.‎ (Mg4/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News