Alhamdulillah..Simak Kabar Baik soal Ibadah Haji dari Menko PMK

Alhamdulillah..Simak Kabar Baik soal Ibadah Haji dari Menko PMK
Menko PMK, Puan Maharani (tengah) saat menggelar Rakor Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2016 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (18/5). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengungkap bahwa persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2016 sudah mencapai 90 persen. 

Persiapan itu mencakup berbagai hal, dari pemondokan haji, teknis angkutan selama di Mekah dan Madinah, akomodasi ibadah haji, pelayanan kesehatan hingga persiapan teknis pemberangkatan dari Tanah Air.

"Sudah disiapkan 12 embarkasi haji dan 15 embarkasi antara untuk seluruh jemaah haji dari Indonesia untuk berangkat ke Mekah dan Madinah," kata Puan usai memimpin Rakor Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2016 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (18/5).

Rakor diikuti Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dan beberapa perwakilan kementerian/lembaga terkait lainnya.

Puan menjelaskan, Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1437H/2016 rata-rata sebesar Rp 34.641.304. Besaran itu jika dikonversikan ke dolar Amerika Serikat adalah sebesar USD 2.585 dengan estimasi kurs Rp 13.400 per dolar AS. Ini mengalami penurunan sebesar USD 132.

"Ada penurunan sebesar 132 US dolar dibandingkan dengan biaya haji pada tahun 2015 yang lalu. Saat ini 130.000 paspor calon jemaah haji sudah siap atau sebesar 66,4 persen," katanya.

Untuk akomodasi selama di Mekah dan Madinah, pemerintah telah menyiapkan dua kali yakni makan siang dan makan malam. Selain itu ada makanan ringan yang diperuntukkan bagi jemaah haji pada pagi hari. 

Adapun penyewaan tempat atau pemondokan pemerintah juga telah menyiapkannya dengan baik, diharapkan pada pemberangkatan kloter pertama yang rencananya pada 9 Agustus dapat berjalan baik. 

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengungkap bahwa persiapan penyelenggaraan ibadah haji

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News