Bentrok di Jayapura, 15 Rumah Dibakar, 5 Orang Luka-luka

Bentrok di Jayapura, 15 Rumah Dibakar, 5 Orang Luka-luka
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw (kiri) berdialog dengan warga korban penyerangan di Kampung Putali, Rabu (24/8). Foto: Denny/Cenderawasih Pos

jpnn.com - JAYAPURA - Bentrok antarkampung pecah di Kampung Putali, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura, Selasa (23/8) dini hari sekitar pukul 02.30 WIT. Setidaknya 15 rumah warga dibakar, sementara lima warga Dusun Hansanbe, Kampung Putali dilaporkan luka-luka. 

Bentrok ini dipicu kasus penganiayaan terhadap Kepala Kampung Bengwin Progo, Distrik Kemtuk bernama Markus Waimani, di Jalan Danau Love antara Kampung Skorik dan Bengguin Progo, Senin (22/8) sore.

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw yang turun langsung ke lokasi kejadian, Rabu (24/8) mengungkap, aksi pembakaran 15 rumah di Kampung Putali diduga dipicu pemukulan terhadap Markus Waimani. 

Dia menjelaskan, awalnya korban Markus Wameni bersama saksi Frist Noak Wameni sedang dalam perjalanan pulang ke Kampung Bengguin Progo menggunakan sepeda motor. Sesampainya di Jalan Danau Love diadang lima orang. Salah seorang pelaku diketahui berinisial EM meminta rokok dan pinang kepada Frits Noak Wameni, namun tidak dituruti karena tidak merokok dan tidak membawa pinang. 

EM kemudian meminta korek api, namun tidak dituruti, hingga berujung pada pemukulan di bagian pipi Frits Noak. “Melihat kejadian itu, Markus Wameni sempat menegur EM, namun pelaku lainnya yang ditengarai berinisial AR tidak terima, hingga berujung pemukulan terhadap Markus Wameni dan mengalami lebam pada bibir,” ungkap Kapolda.

Setelah kejadian itu, korban Frist Noak berhasil melarikan diri ke Polsek Kemtuk dan kemudian melaporkan kejadian itu. Bahkan pukul 21.00 WIT, aparat setempat telah menenangkan massa dari keluarga korban pemukulan, dan dinyatakan kondusif. 

Namun pada pukul 02.30 WIT, sekelompok masyarakat dari Kampung Aimbe dan Kampung Bengguin Progo yang diperkirakan mencapai seratus orang melakukan penyerangan ke Kampung Putali. “Dalam kejadian itu, 15 rumah warga dibakar dan beberapa warga dilaporkan luka-luka akibat dianiaya,” katanya.

Sepuluh orang diduga sebagai pelaku penganiayaan dan pembakaran. Satu pelaku di antaranya diduga sebagai provokator dalam insiden tersebut. “Latar belakang karena sejumah anak muda dalam pengaruh miras memalak salah satu tokoh kampung dengan minta rokok. Tapi kemudian menganiaya, sehingga korban kembali ke kampungnya dan melaporkan, hingga melakukan aksi pembalasan,” katanya. 

JAYAPURA - Bentrok antarkampung pecah di Kampung Putali, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura, Selasa (23/8) dini hari sekitar pukul 02.30 WIT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News