Yakinlah, Bukan Pasangan Calon yang Mainkan Isu SARA

Yakinlah, Bukan Pasangan Calon yang Mainkan Isu SARA
Tiga pasangan calon Pilkada DKI. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Setara Institute Bonar Tigor Naipospos yakin tak satupun pasangan calon Pilkada DKI 2017 bakal menggunakan isu SARA.

Alasannya, pengusung utama ketiga pasangan calon itu adalah partai nasionalis.

"Tiga kandidat itu didukung partai-partai nasionalis. Pasangan Anies-Sandi didukung Gerindra, Agus-Sylvi dengan Demokratnya, dan Ahok-Djarot diusung PDIP dan Golkar," ujar ‎Bonar  dalam diskusi bertajuk 'Jakarta, Etalase Demokrasi Tanpa SARA (?)' di Kantor LIPI, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, Kamis (27/10).

Bonar juga menjelaskan, bahwa ketiga paslon di Pilkada DKI bukanlah orang-orang yang berasal dari kelompok garis keras atau hardliner suatu agama. 

Malah sebaliknya, para calon berasal dari kalangan kelas menengah yang terpelajar.

‎Karenanya, menurut dia, kemunculan isu SARA di Pilgub DKI 2017 hampir bisa dipastikan bukan dari para calon.

Justru, Bonar mencurigai ada kelompok lain yang memainkan isu SARA sehingga suasana di ibu kota belakangan ini kian memanas. 

"Kita harus bisa curiga lagi ini siapa yang mengusung isu ini. siapa yang bermain? Ini kan (yang bermain) kelompok yang itu-itu saja," tuturnya.

JAKARTA - Wakil Ketua Setara Institute Bonar Tigor Naipospos yakin tak satupun pasangan calon Pilkada DKI 2017 bakal menggunakan isu SARA. Alasannya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News