Jangan Abaikan Manfaat Mencuci Piring untuk Kehatan

Jangan Abaikan Manfaat Mencuci Piring untuk Kehatan
Kegiatan mencuci piring. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Kabar bahagia bagi Anda ibu rumah tangga. Pekerjaan rumah tangga yang cukup melelahkan bisa dihilangkan dengan sebuah terapi, yang melibatkan salah satu pekerjaan rumah tangga, yakni mencuci piring.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para periset di Florida State University menunjukkan bahwa tindakan mencuci piring sebenarnya bisa mengurangi tingkat stres. Bahkan bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat.

Sebanyak 51 mahasiswa berpartisipasi dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Mindfulness. 

Lebih dari separuh peserta diajari untuk fokus pada pengalaman sadar mencuci piring, seperti aroma sabun, rasa busa, suhu air dan bentuk dan desain piring.

Sisa peserta, yang bertindak sebagai kelompok kontrol, fokus hanya menyelesaikan pekerjaan. Temuan tersebut ternyata  signifikan. 

Para siswa yang belajar tentang pendekatan sadar melaporkan penurunan 27 persen dalam kegugupan dan peningkatan stimulasi mental 25 persen setelah mencuci piring. 

Kelompok kontrol menunjukkan adanya ketegangan pada otak.

"Saya memiliki minat dalam perhatian penuh selama bertahun-tahun, baik sebagai praktisi kontemplatif dan peneliti," kata peneliti Adam Hanley, seperti dilansir laman The Real Simple.
"Saya sangat tertarik pada bagaimana aktivitas duniawi dalam kehidupan bisa digunakan untuk mempromosikan keadaan sadar dan dengan demikian, bisa meningkatkan keseluruhan kesejahteraan," pungkas Hanley.

Pekerjaan rumah tangga yang cukup melelahkan bisa dihilangkan dengan sebuah terapi, yang melibatkan salah satu pekerjaan rumah tangga, yakni mencuci piring.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News