Lah…Pelaku Pembakar Hutan Baluran Ternyata Orang Gila

Lah…Pelaku Pembakar Hutan Baluran Ternyata Orang Gila
Kebakaran hutan di Baluran. Foto: JPG/pojokpitu

jpnn.com - SITUBONDO—Puluhan hektar hutan jati di Taman Nasional, Baluran, Jawa Timur terbakar. Penyebab kebakaran diduga ulah orang gila serta pelaku illegal logging yang mengalihkan perhatian petugas.

Kebakaran hutan Taman Nasional Baluran Situbondo, yang terjadi sejak sepekan terakhir membuat petugas gabungan dari Perhutani, BPBD, Pemadam Kebakaran, serta Kepolisian dan TNI kewalahan .

Pada minggu siang hingga sore hari, hutan yang berada di Kecamatan Banyuputih Situbondo itu terus terbakar. Petugas gabungan yang berusaha memadamkan api dibuat bingung, karena saat petugas memadamkan api, tidak lama kemudian kembali terjadi kebakaran di titik lainnya.

Terbakarnya Hutan Baluran tersebut, tentunya menggangu jarak pandang pengguna jalan yang melintas di kawasan ini, baik dari arah Banyuwangi dan arah Surabaya.

Abdurrahman Saleh, salah seorang petugas dari Taman Nasional Baluran Situbondo . Lokasi kebakaran hutan tersebut, setiap tahun memang kerap terjadi.

“Akibat cuaca ekstrem pada musim kemarau, api dengan mudah membakar daun jati yang kering,” ujar Saleh.

Penyebab kebakaran hutan, diduga kuat adalah ulah orang gila yang bermain korek api. Selain itu, puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh pengguna jalan saat melintas di jalur pantura ini.

Tak hanya itu, api juga diduga disebabkan dari ulah pelaku illegal logging yang sengaja membakar untuk mengalihkan perhatian petugas agar dalam aksinya mencuri kayu jati.

SITUBONDO—Puluhan hektar hutan jati di Taman Nasional, Baluran, Jawa Timur terbakar. Penyebab kebakaran diduga ulah orang gila serta pelaku

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News