Mentan Amran Minta Pompanisasi di Sumedang jadi Contoh Daerah Lain di Indonesia

Mentan Amran Minta Pompanisasi di Sumedang jadi Contoh Daerah Lain di Indonesia
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (kanan) secara simbolis menyerahkan bantuan pertanian senilai Rp 7,06 miliar kepada Plh Pj Bupati Sumedang Tuti Ruswati, Jumat (5/4). Foto: Dokumentasi Humas Pemkab Sumedang

jpnn.com, SUMEDANG - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memuji pompanisasi pada areal persawahan yang diterapkan di Kabupaten Sumedang untuk meningkatkan produksi pertanian.

“Saya mengecek pompanisasi di Sumedang yang sudah berjalan dengan baik. Turun ke lapangan untuk mengecek memastikan contoh bangunan pompa,” kata Mentan Amran di dampingi Plh Penjabat Bupati Sumedang Tuti Ruswati saat meninjau pompanisasi di areal pesawahan Desa Marongge, Kecamatan Tomo, Jumat (5/4).

Mentan Amran Minta Pompanisasi di Sumedang jadi Contoh Daerah Lain di Indonesia

Mentan Amran pun meminta cara pemasangan pompa di Sumedang menjadi contoh untuk diterapkan di seluruh Indonesia.

“Ini cara pasang pompanya dan terbaik hasilnya selama kami keliling. Kami minta kepada seluruh jajaran Kementan pemasangan pompa di Sumedang menjadi contoh di seluruh Indonesia ini yang benar,” ujar Mentan Amran.

Areal sawah di Desa Marongge merupakan sawah tadah hujan yang hanya bisa panen satu kali selama setahun.

Melalui pompanisasi dari Sungai Cilutung diharapkan bisa panen tiga sampai empat kali dalam setahun.

Pompanisasi dari Sungai Cilutung bisa mengalirkan air 20 liter per detik untuk mengairi 51,6 hektare sawah di Desa Marongge.

Mentan Amran memuji pompanisasi di Sumedang dan meminta dijadikan sebagai contoh untuk diterapkan daerah lain di seluruh Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News