Orang Utan Kalimantan Lahir di Kebun Binatang di Florida, Amerika Serikat

Orang Utan Kalimantan Lahir di Kebun Binatang di Florida, Amerika Serikat
Orangutan Kalimantan betina yang baru lahir dan terancam punah, dilahirkan melalui operasi caesar. (AP: Howard Lin/Busch Gardens Tampa Bay)

Bayi orangutan Kalimantan yang terancam punah ini dilahirkan di Busch Gardens Tampa Bay di Florida.

Petugas taman nasional mengatakan bayi orangutan betina tersebut dilahirkan melalui operasi caesar pada hari Sabtu (13/04) dan beratnya hanya 1,3 kilogram.

Sang ibu, Luna, sedang dalam masa pemulihan setelah operasi dan akan bertemu kembali dengan bayinya setelah kondisinya stabil.

Bayi orangutan yang baru lahir belum diberi nama.

Orangutan ini hanya ditemukan di pulau Kalimantan dan terdaftar sebagai hewan terancam punah oleh Konservasi Alam Internasional.

Busch Gardens Tampa Bay adalah bagian dari Program Kelangsungan Hidup Spesies, milik Asosiasi Kebun Binatang dan Akuarium, yang berfokus pada pengelolaan populasi yang terancam dan mendidik pengunjung tentang hewan.

Orangutan Kalimantan adalah spesies kera penghuni pohon terbesar dan terbesar ketiga secara keseluruhan.

Kelahiran bayi ini merupakan "tonggak penting dalam upaya konservasi orangutan," kata Busch Gardens dalam siaran persnya.

Bayi orangutan betina tersebut dilahirkan melalui operasi caesar pada hari Sabtu (13/04), dan beratnya hanya 1,3 kilogram

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News