Peringati Hari Bumi, Garudafood Tanam 1.000 Bibit Mangrove

Peringati Hari Bumi, Garudafood Tanam 1.000 Bibit Mangrove
PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood) bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati melakukan penanaman 1.000 bibit mangrove di lahan seluas 20 hektare di Desa Tunggulsari, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Foto dok. Garudafood

jpnn.com, JAKARTA - PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood) bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati melakukan penanaman 1.000 bibit mangrove di lahan seluas 20 hektare di Desa Tunggulsari, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Kegiatan yang dilakukan dalam memperingati Hari Bumi ini dihadiri Business Unit Head Garudafood Pati Agustinus Winardi, Kepala Bidang Penataan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati Agus Setiaji, kelompok penggiat mangrove Muriya Urip, serta berbagai tokoh dan aparat desa setempat. 

Kegiatan penanaman mangrove ini merupakan salah satu  komitmen Garudafood dalam aspek keberlanjutan lingkungan sebagai upaya pemulihan ekosistem keanekaragaman hayati, optimalisasi penyerapan dan penyimpanan karbon serta salah satu strategi mitigasi perubahan iklim.

“Sebagai perusahaan yang berkomitmen pada prinsip-prinsip keberlanjutan, kami mendukung upaya-upaya dalam pelestarian lingkungan, salah satunya melalui kegiatan penanaman bibit mangrove secara berkelanjutan,” ujar Agustinus Winardi dalam keterangannya, Kamis (25/4). 

Dia percaya kegiatan ini memiliki dampak positif dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir, mengurangi dampak pemanasan global, serta melindungi habitat berbagai spesies hayati. Langkah-langkah seperti ini tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek, tetapi juga membawa dampak positif jangka panjang bagi keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan manusia. 

Agus Setiaji menyambut baik aksi nyata Garudafood untuk mengupayakan konservasi alam di wilayah pesisir Pati dalam rangka memperingati Hari Bumi.

Menurut dia, egiatan penanaman mangrove ini merupakan contoh terjalinnya kolaborasi dan sinergi antara pelaku usaha (Garudafood) dan Pemerintah (Dinas Lingkungan Hidup Pati) yang baik dan inspiratif, sehingga diharapkan ke depannya makin banyak elemen masyarakat, baik dari sektor perusahaan maupun komunitas masyarakat yang peduli serta mau berkontribusi nyata dalam pelestarian lingkungan dan mengatasi dampak perubahan iklim di Pati. 

Pohon mangrove diketahui secara luas mampu mengurangi laju abrasi dan erosi tanah di daerah pantai. Selain memiliki akar yang efisien dalam melindungi dampak pengikisan tanah, mangrove dapat meminimalisir dampak banjir rob yang rentan melanda pesisir pantai seperti di wilayah Pati, Jawa Tengah. 

Garudafood peringati Hari Bumi dengan melakukan penanaman 1.000 bibit mangrove di Desa Tunggulsari. Ini tujuannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News