Sekeluarga Hidup tanpa Bantuan Teknologi

Sekeluarga Hidup tanpa Bantuan Teknologi
Sekeluarga Hidup tanpa Bantuan Teknologi

jpnn.com - ONTARIO - Apa mungkin manusia zaman sekarang hidup tanpa bantuan telepon pintar, komputer, dan internet? Jika pertanyaan tersebut diajukan pada pasangan Blair McMillan-Morgan Patey, jawabannya adalah mungkin. Bahkan sudah 5 bulan ini, keluarga McMillan tengah menjalani "puasa teknologi."

Sebenarnya tak sepenuhnya puasa. McMillan masih memperbolehkan pasangannya serta dua anak mereka, menggunakan produk hasil teknologi sebelum tahun 1986. Dispensasi ini tentu tak berguna sebab di masa itu smartphone, internet dan komputer tak banyak digunakan orang seperti sekarang.

McMillan yang tinggal di Guelph, Ontario, Kanada memutuskan puasa teknologi selama setahun penuh setelah kesal melihat hari-hari kedua anaknya, Trey (5) dan Denton (2) dihabiskan dengan main iPad dan iPhone.

Pria 26 tahun itu ingin keduanya bermain di luar rumah, seperti yang dia lakukan semasa kecil dulu. Nah, dari kekesalan tersebut munculah ide untuk melarang penggunaan segala produk teknologi dalam rumah mereka. Disini menariknya. Sebagai contoh, ketika memfoto Trey dan Denton, pria berkumis tebal ini menggunakan kamera manual.

Saat mencetaknya, McMillian rela mencari studio foto yang masih melayani cuci roll foto, dengan biaya cetak USD 20 (Rp 220 ribu) per roll-nya. Pendek kata, cara-cara sederhana yang sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone dijalani secara manual. McMillan memilih menggunakan peta saat mencari jalan. Atau mendatangi bank langsung dibanding transaksi e-banking lewat telepon.

Termasuk membuka tumpukan ensiklopedi cetakan tahun 60-an untuk mencari informasi dibanding "googling." Untuk hiburan, McMillan lebih memilih menggunakan kaset atau VCR dibanding CD atau DVD. Lagu serta film yang mereka nikmati juga disesuaikan, tak boleh lebih dari keluaran tahun 1986.

Hiburan yang tengah jadi hits zaman itu adalah lagu Belinda Carlisle "Mad About You," sedangkan film "Top Gun, Crocodile Dundee, dan Platoon." Jangan kaget, aturan ini juga berlaku bagi tamu. Mereka yang memasuki rumah harus menyerahkan ponsel pada McMillan, kemudian dikunci dalam boks dan baru diserahkan setelah urusan selesai.

"Aku sama sekali tak antiteknologi. Hidup seperti ini malah menghemat energi dan membuat kita sehat," ucap McMillan pada Waterloo Record yang dikutip The Register, Sabtu (7/9). McMillan juga ingin menunjukan pada kedua anaknya bahwa hidup tanpa tergantung pada produk teknologi sangat menyenangkan.

ONTARIO - Apa mungkin manusia zaman sekarang hidup tanpa bantuan telepon pintar, komputer, dan internet? Jika pertanyaan tersebut diajukan pada pasangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News