Tokoh Ini Getol Tolak Vaksinasi, Akhirnya Mati karena Covid-19 Pagi Tadi

Tokoh Ini Getol Tolak Vaksinasi, Akhirnya Mati karena Covid-19 Pagi Tadi
Vaksinasi pencegahan Covid-19. Ilustrasi/foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JERUSALEM - Satu lagi pelajaran penting bagi penentang vaksinasi Covid-19. Di Israel, tokoh antivaksin atau anti-vaxxer bernama Hai Shaulian meninggal dunia akibat terjangkiti virus pemicu pandemi global itu.

Shaulian mengembuskan nafas terakhirnya pada Senin (20/9) pagi di Wolfson Medical Center, Holon. Pria berusia 57 tahun itu dikenal sebagai aktivis penentang vaksin.

Sebelumnya, Shaulian getol mengajak para pengikutnya menolak vaksinasi. “Tak ada epidemi, vaksin itu tidak perlu dan berbahaya,” ujarnya suatu ketika.

Pada Sabtu lalu (18/9), Shaulian yang terbaring di rumah sakit mengabarkan kondisinya. “Teman-teman terkasih, situasiku sangat kritis,” ujarnya melalui Facebook.

Tokoh Ini Getol Tolak Vaksinasi, Akhirnya Mati karena Covid-19 Pagi Tadi
Hai Shaulian. Foto: Facebook

Shaulian juga mengunggah sebuah video yang memperlihatkan dirinya sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Untuk bernapas, dia sudah dibantu peralatan oksigen.

“Jika saya melepaskannya dan berjalan tiga meter, saya pingsan. Saya batuk keras dan merasa kekurangan napas,” tuturnya.(mcr9/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Satu lagi pelajaran penting bagi penentang vaksinasi Covid-19. Tokoh anti-vaxxer yang sangat getol menentang vaksinasi, Hai Shaulian, meninggal dunia karena Covid-19.