Wakil Ketua MPR Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi Konsisten Dilakukan

Wakil Ketua MPR Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi Konsisten Dilakukan
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengungkapkan tiga masalah mendasar pada pendidikan tinggi di Indonesia. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan upaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi harus konsisten dilakukan.

Hal ini menurutnya sebagai bagian dari pembangunan sektor pendidikan yang lebih merata di tanah air.

"Sejumlah hambatan dalam pelaksanaan pendidikan tinggi di tanah air harus segera diatasi dengan langkah yang konsisten untuk mewujudkan ketersediaan pendidikan bagi setiap warga negara," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/5).

Berdasarkan informasi dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Lestari Moedijat mengungkapkan terdapat tiga masalah mendasar pada pendidikan tinggi di Indonesia.

Pertama, ketimpangan akses pendidikan tinggi (inequality of access).

Kedua, ketimpangan dalam hal kualitas (inequality of quality).

Ketiga, kurangnya relevansi pendidikan tinggi (less relevance of higher education).

Sementara itu, lanjut dia, data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022 menyebutkan terdapat 1,2 juta pengangguran terdidik dan terjadi perubahan pandangan dunia kerja bahwa ijazah dan gelar akademik tidak lagi menjamin untuk mendapatkan pekerjaan.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengungkapkan tiga masalah mendasar pada pendidikan tinggi di Indonesia, begini sarannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News