Jumat, 28 November 2014 | 20:21:10
Home / Teknologi / Gadget / Telkom Dukung Ekosistem Industri Logistik

Rabu, 25 April 2012 , 13:58:00

JAKARTA - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) TBk dan Telkomsigma memerkenalkan solusi teknologi informasi (TI) bagi pelaku bisnis ekspedisi dan forwarding di Indonesia.

Direktur Utama Telkomsigma, Rizkan Chandra, di talkshow interaktif bertema "Review Logistic Industry 2012" di Jakarta, Selasa (24/04), menyatakan, melalui solusi berbasis TI diharapkan seluruh aktivitas dapat dipercepat dan decision maker dapat menentukan strategi bisnis dengan lebih cepat.

Rizkan menyatakan, TI kini sudah dimanfaatkan sebagai senjata marketing yang ampuh untuk meningkatkan profit perusahaan. Oleh karena itu, teknologi informasi yang dulu hanya dipandang sebagai supporting system  dalam dunia bisnis, kini sudah menjadi bagian yang tidak dapat dilepaskan dari bisnis itu sendiri. Solusi yang ditawarkan untuk bisnis ekspedisi dan forwarding tersebut berupa teknologi GPS (Global Positioning System) dan layanan TelkomCLoud.

Seminar “Review Logistic Industry 2012” yang diselenggarakan bersama Gabungan Perusahaan Freight Forwarding & Ekspedisi Indonesia (Gafeksi) dihadiri oleh level-C perusahaan yang menjadi ekosistem logistik yang terdiri dari pelaku industri forwarding, ekspedisi dan transportasi.
 
“Dinamika pasar dan kecepatan pergerakan demand serta supply, membuat proses bisnis harus dapat mengimbangi kecepatan dinamika pasar agar dapat bersaing di industri,” ujar Rizkan Chandra.

Dinamika pasar seperti itu, menurutnya, harus disikapi oleh industri ekspedisi dan forwarder secara tepat. Karena industri ekspedisi dan forwarder memiliki peran penting dalam proses distribusi barang dan jasa.

“Tanpa proses distribusi yang tepat, bisnis utama tidak dapat berjalan dengan lancar. Jika barang atau jasa sampai dengan kondisi yang buruk, jumlah yang salah dan waktu yang terlambat tentu akan merugikan perusahaan,” lanjutnya.

Lantas, bagaimana menjawab tantangan pasar yang semakin kompleks tanpa menaikkan biaya investasi? “Tren GPS merupakan salah satu contoh solusi TI yang diimplementasikan oleh industri distribusi dan transportasi,” jawab Rizkan.

Salah satu solusi yang ditawarkan adalah penggunaan GPS yang membantu mendistribusikan barang secara merata dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Jika jumlah produk yang didistribusikan jumlah dan jenisnya sedikit, akan sangat mudah untuk dipantau, demikian juga halnya jika jumlah yang diekspedisikan sedikit, akan mudah untuk di tracking.

Namun jika skalanya sudah semakin besar tentu tidak mungkin seluruh kegiatan dilakukan secara manual.Solusi TI bagi bisnis logistik TI akan menjadi bagian krusial bagi bisnis logistik. Penerapan layanan dan solusi TI pada semua aktivitas dapat dipercepat dan decision maker dapat menentukan strategi bisnis dengan lebih cepat.

TelkomCloud menyediakan solusi terintegrasi yang dapat mendukung berbagai aktivitas bisnis perusahaan. Kebutuhan berbagai komponen TI: Software, hardware, network dan infrastruktur data center dapat terpenuhi melalui solusi TelkomCloud. L ayanan TelkomCloud kami dapat dilihat di web site www.telkomcloud.com.

TelkomCloud merupakan layanan dan solusi TI yang berbasis cloud computing yang terdiri dari SaaS (Software as a Services) dan IaaS (Infrastructure as a Services).

Telkom Cloud yang telah diluncurkan sejak pertengahan tahun lalu, kian hari kian kaya dengan berbagai solusi dan layanan sesuai dengan kebutuhan industri yang ada di Indonesia. “Solusi TI yang terintegrasi dari TelkomCloud dapat menjadi pilihan bagi perusahaan di industri  forwarding dan ekspedisi, tanpa biaya investasi yang tinggi untuk mengimplementasikan TI.

Perusahaan juga dapat meningkatkan service level kepada pelanggan, selain itu juga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas,” ungkap Rizkan.

Solusi terintegrasi TelkomCloudTelkomCloud menawarkan solusi terintegrasi berbasis Cloud Computing dengan biaya investasi yang sangat minimal. Tanpa perlu melakukan CAPEX untuk penyediaan hardware, software, network ataupun struktur serta infrastruktur data center, perusahaan dapat mengimplementasikan TI dengan hanya membayarkan OPEX terhadap penggunaan berbagai komponen TI tersebut.

Selain itu perusahaan tidak perlu dipusingkan oleh masalah TI yang rumit, tanpa harus khawatir dengan kesesuaian dengan regulasi pemerintah dan tidak perlu cemas dengan masalah koneksi jaringan. TelkomCloud memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk fokus dalam pengembangan bisnis, meningkatkan revenue dan meningkatkan efisiensi serta kinerja perusahaan.

“Solusi TI yang terintegrasi dari TelkomCloud dapat menjadi pilihan bagi perusahaan di industri forwarding & ekspedisi, tanpa biaya investasi yang tinggi untuk mengimplementasikan TI, perusahaan dapat meningkatkan service level kepada pelanggan, selain itu juga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas.

TelkomCloud didukung sepenuhnya oleh strategic partner   tepercaya yakni, NEC. Pertumbuhan industri menuntut perusahaan–perusahaan yang berada di industri logistik ini menjadikan TI sebagai hal krusial yang dapat membangun keunggulan kompetitif dan meningkatkan kemampuan untuk menghasilkan revenue yang lebih banyak bagi perusahaan.Melalui informasi yang diolah melalui berbagai modul pada solusi TI tersebut akan aktivitas dapat dipercepat dan decision maker dapat menentukan strategi bisnis dengan lebih cepat. TelkomCloud menyediakan solusi terintegrasi yang dapat mendukung berbagai aktivitas bisnis perusahaan. (boy/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 07.04.2014,
        10:56
        stunning service
        FzSKAt I value the blog article.Thanks Again. Cool. From mobile

      此页面上的内容需要较新版本的 Adobe Flash Player。

      获取 Adobe Flash Player