Penularan Flu Babi Lewat Batuk dan Bersin

Penularan Flu Babi Lewat Batuk dan Bersin
Penularan Flu Babi Lewat Batuk dan Bersin
JAKARTA - Pandemi flu babi, atau sekarang disebut virus H1N1, kini sudah menjalar di 13 negara. Virus ganas itu pun sudah menembus wilayah Asia, terbukti sudah ditemukan kasus di Hongkong. Masyarakat Indonesia harus meningkatkan kewaspadaan. Mirip flu biasa, virus flu babi juga sangat gampang menular dari manusia ke manusia.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pengendalian Penyakit Departemen Kesehatan, Prof Candra Yoga menjelaskan, virus ini dengan mudah ditularkan penderita melalui batuk dan bersin.

"Biasanya yang sakit flu itu batuk atau bersin. Dari percikan ludah saja bukan tidak mungkin virus itu menular ke orang yang sedang berada dekat dengan kita," ujar Candra Yoga pada diskusi bertema 'Bahaya Flu Babi' di Jakarta, Sabtu (2/5).

Namun demikian, Candra menjelaskan, tidak otomatis orang yang dekat dengan penderita flu babi ini bakal tertulari. Tertular atau tidaknya seseorang tergantung dari kondisi orang tersebut, virusnya, dan lingkungan sekitar. "Kalau daya tahan tubuh kuat, virusnya lemah, lingkungan baik, maka sulit tertular. Sebaliknya, bila daya tahan tubuh lemah, virusnya kuat, dan lingkungan buruk, maka akan gampang tertular," ulasanya.

JAKARTA - Pandemi flu babi, atau sekarang disebut virus H1N1, kini sudah menjalar di 13 negara. Virus ganas itu pun sudah menembus wilayah Asia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News