Yogyakarta Diguncang Gempa 4,5 Skala Richter

Yogyakarta Diguncang Gempa 4,5 Skala Richter
Yogyakarta Diguncang Gempa 4,5 Skala Richter

jpnn.com - JAKARTA - Badan Metereologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa berkekuatan 4,5 Skala Richter (SR) di Yogyakarta. Posisi gempa berada darat 28 kilometer tenggara Yogyakarta sekira pukul 18.21 WIB, Rabu (2/4).

Pusat gempa di daerah Nglipar, Wonosari dengan kedalaman 10 kilometer. Diperkirakan sumber gempa berasal dari Sesar Opak.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan gempa dirasakan ringan hingga sedang oleh masyarakat di Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah perbatasan dengan Yogyakarta.

"Intensitas gempa dirasakan III  MMI di Yogyakarta dan II-III MMI di Klaten dan Bantul," kata Sutopo dalam keterangan persnya, Rabu (2/4).

Sutopo menjelaskan gempa tersebut tidak ada kaitan dengan gempa 8 SR di Chili. Makanya, ia meminta agar
masyarakat dihimbau tetap tenang dan selalu waspada.

"Abaikan jika ada hoax yang menyebarkan info yang menyesatkan. Selalu tanyakan kepada BMKG, BNPB dan BPBD terkait ancaman bencana," pungkas Sutopo. (awa/jpnn)


JAKARTA - Badan Metereologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa berkekuatan 4,5 Skala Richter (SR) di Yogyakarta. Posisi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News