Prabowo-Hatta Kalah di MK, Koalisi Merah Putih Bakal Bubar

Prabowo-Hatta Kalah di MK, Koalisi Merah Putih Bakal Bubar
Prabowo-Hatta Kalah di MK, Koalisi Merah Putih Dipastikan Bubar. Getty Images

jpnn.com - JAKARTA - Makin kuat keyakinan bahwa "koalisi permanen" Merah Putih yang mendukung pasangan Prabowo-Hatta tak akan berumur panjang.

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Adjie Alfaraby, yakin pasangan Prabowo-Hatta yang menggugat proses Pemilihan Umum Presiden di Mahkamah Konstitusi (MK) akan sulit menang.

Dan ia menduga semua partai yang tergabung dalam koalisi Prabowo bakal mengkaji ulang arah partai politiknya lima tahun ke depan.

"Jadi, sekarang semua partai mengukur pemilu berikutnya, lima tahun ke depan. Menguntungkan di dalam atau di luar pemerintah? Jadi agenda sekarang adalah selamatkan partai, itu akan kita lihat di koalisi merah putih," kata Adjie seperti yang dilansir Rakyat Merdeka Online (Grup JPNN.com), Kamis (31/7).

Menurut Adjie, Golkar dan Demokrat memang tidak punya tradisi oposisi atau di luar pemerintah berkuasa. Keduanya akan menyelamatkan diri dengan merapat ke barisan pendukung Jokowi-JK.

Adjie pun punya prediksi yang sama terhadap Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Amanat Nasional.

"Hanya Partai Keadilan Sejahtera yang ideologinya jauh dari Jokowi-JK, mereka sulit bergabung. Ditambah Gerindra yang masih dipimpin Prabowo akan berada di luar pemerintah," ujar Adjie. (rmo/jpnn)

JAKARTA - Makin kuat keyakinan bahwa "koalisi permanen" Merah Putih yang mendukung pasangan Prabowo-Hatta tak akan berumur panjang. Peneliti


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News