Sekarang Putat Jaya, Bukan Dolly

Sekarang Putat Jaya, Bukan Dolly
Sekarang Putat Jaya, Bukan Dolly

jpnn.com - SURABAYA – Penataan eks lokalisasi Dolly-Jarak mulai dikebut Pemkot Surabaya. Mereka ingin segera memulihkan kawasan yang masuk Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan, itu. Dari kawasan merah menjadi lebih indah. Misi pemkot dalam penataan kawasan eks lokalisasi tersebut meliputi alih profesi eks PSK-mucikari dan alih fungsi wisma. Sehingga kesan kawasan merah bisa segera pulih.

Salah satu yang sudah terlihat nyata adalah pembuatan penanda kawasan. Penanda berupa tulisan Putat Jaya itu dibangun di atas median jalan sebelum Jalan Girilaya dekat flyover Pasar Kembang.

Jalan tersebut menjadi salah satu akses utama masuk ke kawasan eks lokalisasi Dolly. ”Tulisan itu nanti dilengkapi dengan taman cantik,” kata Camat Sawahan Muslich Hariadi.

Pemasangan tulisan tersebut sekaligus dimaksudkan untuk mengubah penyebutan kawasan. Sebab, selama ini nama Kelurahan Putat Jaya kalah beken dengan Gang Dolly. Tentu kalau menyebutkan Gang Dolly sudah sangat identik dengan prostitusi.

Nah, kesan semacam itulah yang ingin dihapus perlahan oleh pemkot.   Kesan sebagai kawasan merah tersebut juga berdampak banyak pada warga yang menghuni sekitar eks lokalisasi Dolly-Jarak. Warga yang tinggal sering malu menyebutkan alamatnya yang terletak di kawasan itu.

Kabid Fisik dan Sarana Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya AA Gde Dwijaja Wardhana menjelaskan bahwa penataan oleh pemkot memang dilakukan secara terpadu. Mulai aspek ekonomi, sosial, hingga lingkungan. Semua itu dilakukan untuk memulihkan kesan yang kurang bagus di Putat Jaya. ”Saat ada Dolly, image Putat Jaya memang jelek,” sebutnya.

Konsep penataan tersebut diwujudkan dengan berbagai hal. Pembuatan tulisan Putat Jaya yang akan dilengkapi dengan taman cantik itu hanya salah satunya. Tapi, langkah tersebut diharapkan bisa sedikit demi sedikit memulihkan kondisi.

Dwijaja menyebutkan, di bidang ekonomi, pemkot juga membuat berbagai macam pelatihan untuk pengusaha UMKM. Mereka yang selama ini menggantungkan hidup pada bisnis prostitusi diajak melirik hal lain. Di bidang lingkungan, pemkot akan menyulap beberapa wisma yang telah dibeli itu menjadi fasilitas umum. ”Penataannya dilakukan secara bertahap,” imbuhnya.

SURABAYA – Penataan eks lokalisasi Dolly-Jarak mulai dikebut Pemkot Surabaya. Mereka ingin segera memulihkan kawasan yang masuk Kelurahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News