November, e-KTP Cetak di Daerah

November, e-KTP Cetak di Daerah
November, e-KTP Cetak di Daerah

jpnn.com - MATARAM - Hasil rapat koordinasi nasional, November mendatang KTP elektronik (e-KTP) sudah bisa dicetak di daerah. Dengan begitu mulai proses perekaman sampai pencetakan bakal dilakukan di daerah.

"Ya, informasi dari rapat November kita sudah bisa cetak di Kota Mataram untuk e-KTP," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) H Ridwan, kemarin.

Dikatakan, dari total wajib e-KTP di Kota Mataram saat ini, baru sekitar 90 persen yang sudah melakukan perekaman. Diperkirakan ada sekitar 30-50 ribu warga yang belum mengurus perekaman.

"Berbagai sebab mulai ketidaktahuan sampai sosialisasi," sambungnya.

Mantan Kabag Organisasi ini mengungkapkan, untuk alat pencetakan sendiri sudah ada di daerah. Hanya proses pencetakan saja yang baru bisa dilakukan November mendatang. Pasalnya, untuk proses pencetakan perangkat harus sudah bisa online.

"Kesiapan perangkatnya dahulu yang utama," ucapnya.

Ridwan mengatakan, saat ini pihaknya tengah memulai kembali pendataan. Sasaran utama adalah warga yang belum merekam data diri e-KTP. Sementara untuk yang belum menerima fisik e-KTP, tinggal menunggu pencetakan saja.

"Sementara yang belum tercetak bisa dengan KTP manual," tambahnya.

MATARAM - Hasil rapat koordinasi nasional, November mendatang KTP elektronik (e-KTP) sudah bisa dicetak di daerah. Dengan begitu mulai proses perekaman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News