Fotografer Peraih Tiga Pulitzer Meniggal Saat Meliput Ebola

Fotografer Peraih Tiga Pulitzer Meniggal Saat Meliput Ebola
Michel du Cill. FOTO: The Washington Post

jpnn.com - DUNIA jurnalistik berduka. Fotografer senior Washington Post yang pernah meraih tiga penghargaan Pulitzer Prize, Michel du Cill meninggal dunia saat melakukan peliputan ebola di Liberia, Kamis (11/12). Pria 58 tahun itu meninggal karena serangan jantung. 

Menurut The Washington Post, sebelum meninggal Michel sedang berjalan kaki di distrik Salala, Liberia Bong County. Keberadaannya di desa itu untuk menunaikan tugasnya meliput ebola. Nah, saat menyusuri jalan-jalan tak beraspal di sana, Michel tiba-tiba pinggan.

Dibantu beberapa rekannya dan warga, Michel dilarikan ke rumah sakit terdekat. Setelah menempuh perjalanan sekitar dua jam, Michel mengembuskan nafas terakhirnya saat tiba di rumah sakit.

Pria kelahiran kelahiran 24 Januari 1956 itu sebelumnya meraih dua penghargaan Pulitzer saat tergabung dengan Miami Herald pada tahun 1980an. Dia lantas bergabung dengan The Washington Post pada 1988. Pada 2008, dia kembali mendapatkan Pulitzer ketiganya. Saat itu dia bersama-rama reporter Dana Priest dan Anne Hull, untuk seri investigasi pengobatan veteran di Walter Reed Army Medical Center.

Dia dikenal sebagai fotografer yang menyajikan gambar dramatis terhadap perjuangan dan keberhasilan manusia. Karena itulah pria yang lahir di Jamaika itu datang ke Liberia Selasa (9/12) untuk mengabadikan penyebaran ebola di sana.

“Dia benar-benar mengabdikan diri untuk meliput kisah tentang ebola meski mengetahui risikonya. Itu semacam keberanian dan semangat yang dia tunjukkan melalui kariernya,” kata Eksekutif Editor The Washington Post Martin Baron.

“Kita semua patah hati. Kami telah kehilangan seorang rekan tercinta dan salah satu fotografer paling berhasil di dunia,” imbuhnya. Selamat jalan Michel du Cill.. (mas/the washington post)

DUNIA jurnalistik berduka. Fotografer senior Washington Post yang pernah meraih tiga penghargaan Pulitzer Prize, Michel du Cill meninggal dunia saat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News