Kalbar Siap Gantikan Jakarta Sebagai Ibukota Indonesia

Kalbar Siap Gantikan Jakarta Sebagai Ibukota Indonesia
jos jpnn

jpnn.com - PONTIANAK- Provinsi Kalimantan Barat mengaku siap menggantikan Jakarta sebagai ibukota Indonesia. Hal itu diungkapkan kepala Bappeda Kalbar, Ahi MT saat ditemui JPNN di kantornya, Senin (13/2).

Ahi mengatakan, Kalbar memiliki beberapa keunggulan yang bisa dipertimbangkan sebagai alternatif ibukota Indonesia. Salah satunya ialah luas wilayah secara keseluruhan.

“Luas wilayah kami 1,5 kali dibandingkan Jawa. Selain itu, di Kalbar baru ada 12 kabupaten/kota. Masyarakat juga ingin Kalbar menjadi tuan rumah,” terang Ahi saat ditemui di ruang kerjanya.

Dia menambahkan, Kalbar saat ini dihuni 36 orang per kilometer persegi. Dengan luas 146.807 kilometer persegi, Kalbar merupakan provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Jika keinginan itu menjadi kenyataan, pihaknya juga sudah menyiapkan tempat sebagai ibukota. Ahi mengatakan, Kabupaten Kuburaya bisa dijadikan sebagai pusat negara.

“Wilayah kami masih sangat luas. Ketersediaan lahan masih ada. Hanya saja, negara ini mau pindah atau tidak. Kalau ditanya siap, kami jelas siap,” tegas Ahi. (jos/jpnn)

 

 

PONTIANAK- Provinsi Kalimantan Barat mengaku siap menggantikan Jakarta sebagai ibukota Indonesia. Hal itu diungkapkan kepala Bappeda Kalbar, Ahi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News