Genjot Kreativitas Bermusik, Kemenpora Bentuk Pilot Project Bank Musik

Genjot Kreativitas Bermusik, Kemenpora Bentuk Pilot Project Bank Musik
Pilot Project Bank Musik. Foto Fandi Permana/jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga melakukan gebrakan untuk industri musik Indonesia. Melalui Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda, Kemenpora membentuk Fokus Grup Diskusi: Pilot Project Bank Musik.

Program ini digagas oleh Menteri Imam Nahrawi pada 9 Maret lalu, saat melakukan diskusi dengan komunitas dan stakeholders di bidang musik.

"Kami berharap dengan bank musik itu akan muncul ekosistem kreatif dan Indonesia menjadi kiblat anak kreatif di bidang musik. Bank Musik merupakan wadah bagi para pemusik untuk menyalurkan kreasi dan penampilannya yang langsung diakomodir oleh pemerintah," kata Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Eny Budi Sri Haryani di FX Senayan, Jakarta, Jumat (12/8).

Dalam forum diskusi, hadir pula Dik Doank yang ditunjuk Kemenpora sebagai pembicara. Dik Doank mengatakan, selama ini negara tidak hadir dalam mengawal musik Indonesia.

Maraknya pembajakan, pembentukkan karakter musik yang tidak sesuai usia, dan derasnya pengaruh musik asing dinilai perlu dibentengi oleh wadah yang dibentuk pemerintah.

"Ketika Kemenpora datang ke saya untuk meminta masukkan pemebentukkan Bank Musik, saya terkejut. Karena saya merasa pemerintah tidak hadir untuk membangun industri musik Indonesia," ucap Dik Doank.

Rencananya, Kemenpora akan membentuk Bank Musik paling lambat akhir tahun ini. Bank Musik nantinya akan dibentuk dengan mendirikan pusat studi musik dan pementasan di kawasan Taman Mini Indonesia Indah.

"Masukkan saya hanya satu, jika Bank Musik ingin dibentuk harus diisi orang-orang yang memiliki ruh musik. Sebab dengan orang-orang itulah musik kita bisa maju. Saya mengapresiasi Bapak Imam Nahrowi untuk membentuk Bank Musik dengan melibatkan langsung tokoh-tokoh musik dan pelaku seni kreatif lainnya," imbuh Dik Doank.

JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga melakukan gebrakan untuk industri musik Indonesia. Melalui Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News