Ayo Dipilih, 4 Nama Untuk Bandara Baru

Ayo Dipilih, 4 Nama Untuk Bandara Baru
SAYEMBARA: Jajak pendapat nama untuk Bandara Samarinda Baru masih berlangsung hingga 31 Agustus. Menurut rencana, hasilnya diumumkan pada September. Foto: Kaltim Post

jpnn.com - SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menggelar sayembara penamaan Bandara Samarinda Baru. Warga diharapkan bisa menyampaikan suara. Jajak pendapat dibuka lewat jejaring maya.

Lewat situs www.pollingnamabsb.com, pemprov mempersilakan masyarakat memilih empat nama yang tersedia. Yakni Aji Pangeran Afloes, Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, HM Kadrie Oening, dan HM Ardans.

Imanudin, Kabag Humas, Biro Humas dan Protokol Sekretariat Provinsi (Setprov) Kaltim menjelaskan, sederet nama itu muncul setelah melalui proses seleksi yang panjang.

Awalnya, terdapat 19 nama yang jadi kandidat. Setelah melalui seleksi lanjutan, jumlahnya terus mengerucut. Belakangan tinggal empat nama itu yang bisa dipilih publik hingga jajak pendapat ditutup pada 31 Agustus.

“Empat nama itu dirasa cocok karena fasilitas publik belum ada yang memakai nama tokoh ini,” ujar Imanudin.

Di antara 19 nama itu, sedianya, terdapat nama Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. Hanya, namanya gugur lantaran yang bersangkutan masih hidup. Sementara itu, salah satu kriteria nama yang lolos adalah tokoh Kaltim yang sudah wafat dan berkontribusi besar untuk provinsi itu.

Selain itu belum pernah dipakai di fasilitas publik apa pun. Begitu juga nama Mulawarman. Nama salah seorang raja di Kerajaan Kutai itu gugur karena sudah dipakai untuk nama universitas dan komando daerah militer.

Ada pula Abdul Wahab Sjahranie yang namanya kesohor untuk fasilitas kesehatan. Sementara ini, dari data yang mereka miliki, baru ada seribu lebih pengguna di dunia maya yang turut terlibat dalam jajak pendapat itu.

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menggelar sayembara penamaan Bandara Samarinda Baru. Warga diharapkan bisa menyampaikan suara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News